Voxnews

Anggota Dewan Samarinda Dorong Pemkot Maksimalkan PAD Dari Sektor Wisata Sungai Mahakam

Caption: Salah satu kapal wisata susur Sungai Mahakam. (Istimewa)

SAMARINDA – Anggota DPRD Kota Samarinda, Kamaruddin mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata Sungai Mahakam.

Kamaruddin menilai, sektor wisata Sungai Mahakam memiliki potensi PAD yang terbilang besar. Menurutnya, peluang itu bisa lebih dimaksimalkan lagi oleh Pemkot Samarinda.

Apalagi, dikatakan Kamaruddin Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda juga telah menerapkan aplikasi E-tiket serta manifest online pada pengelolaan kapal wisata susur Sungai Mahakam.

“Aturan itu sebenarnya sudah berlaku sejak November 2022 tahun kemarin dan dalam penerapan E-tiket pengelola dikenakan tarif sebesar Rp5 ribu untuk manifest online,” ucap Kamaruddin, Senin (23/1/2023).

Melalui hal tersebut, Kamaruddin beranggapan PAD dapat lebih ditingkatkan lagi. Namun, harus disertai dengan catatan, sistem mekanisme, dan peraturan yang jelas.

“Ini akan lebih maksimal lagi jika didukung oleh Perda ataupun Perwali, dengan begitu proses penerapannya bisa digunakan dengan baik,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia harapkan Pemkot Samarinda kedepannya dapat lebih mampu memaksimalkan wisata Sungai Mahakam sebagai pariwisata kebanggaan Kota Tepian.

“Karena ini akan jadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita, ketika banyak wisatawan luar datang kesini, karena dengan begitu PAD akan meningkat melalui sektor pariwisata,” pungkasnya. (*)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews