Voxnews

Wabup Kukar Bersyukur Kelompok Tani Desa Bukit Raya Bisa Poduksi Padi Berkualitas

Foto: Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin saat menghadiri panen raya di Desw Bukit Raya. (Istimewa)

Caption: Foto: Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin saat menghadiri panen raya di Desw Bukit Raya. (Istimewa)

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, menghadiri panen raya yang dilakukan kelompok tani di Desa Bukit Raya, Kecamatan Samboja, pada Rabu (13/9/2023).

Rendi bersyukur atas panen raya tersebut. Hal ini dikarenakan Kukar masih di tengah musim kemarau. Namun, Kelompok Tani Desa Bukit Raya masih mampu memproduksi padi yang berkualitas.

Diketahui, terdapat 6.5 ton padi yang dipanen. Jumlah tersebut mengalami peningkatan. Dimana, yang awalnya hanya mampu memanen padi sekitar 4 ton dalam 1 hektar.

Menurut Rendi, Desa Bukit Raya menjadi salah satu contoh daerah yang mendapatkan manfaat atas Program Kukar Idaman. Khususnya, percepatan dan transformasi di sektor pertanian.

“Kukar merupakan pemasok utama beras di Kaltim mencapai 45 persen dan ini akan terus kita tingkatkan. Dengan mensupport para petani peralatan dan infrastruktur,”katanya.

Rendi memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan terus memaksimalkan Kukar menjadi lumbung pangan di Kaltim.

“Lahan-lahan yang ada akan dimaksimalkan lagi untuk menjadi lahan persawahan di wilayah inti IKN (Ibu Kota Nusantara),”tegasnya.

Di kesempatan yang sama, salah satu anggota Kelompok Tani Cempaka Sudjoko berharap agar Pemkab Kukar bisa memberikan perhatian lebih besar kepada petani agar bisa menciptakan kemandirian pangan.

“Dengan adanya Pak Wakil, mudah-mudahan kebutuhan petani di sini dapat direalisasikan,”harapnya.

Salah satu yang diharapkan para teni ialah infrastruktur jalan, saluran irigasi, biaya operasional hingga peralatan pertanian.(*)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews