Voxnews

Belum Move On dari Liburan ? Tandanya Kalian Alami Post-Holiday Blues

Foto: Ilustrasi Depresi Setelah Liburan. (ISTIMEWA)

Caption: Foto: Ilustrasi Depresi Setelah Liburan. (ISTIMEWA)

Hai Vox dan Voxy ! Apakah kalian sudah puas menikmati liburan panjang kalian ? Pasti asyik sudah healing maksimal ya ? Tapi apakah kalian juga merasakan sedih, bahkan tak bertenaga setelah kembali ke rumah ?

Artinya kalian sedang mengalami post-holiday blues. Kondisi ini merupakan perasaan sedih ketika liburan berakhir. Mengingat, ketika kalian liburan pasti kalian dipenuhi dengan momen menyenangkan dan membahagiakan. Liburannya selesai, bahagia pun berakhir. Sehingga yang kalian rasakan sepi dan kosong.

Ciri-ciri kalian mengalami post-holiday blues ini bisa dilihat sebagai berikut :

*Merasa sedih saat liburan berakhir
* Merasa stres dan cemas saat kembali menjalani aktivitas
* Kehilangan motivasi dan fokus
* Mengalami insomnia
* Suasana hati menjadi buruk
* Sering melamun
* Merasa kosong dan lelah
* Mudah marah dan frustasi
* Rasa percaya diri menurun

Post-holiday blues ini bisa memunculkan depresi dan tidak bisa beradaptasi kembali ke kegiatan sehari-hari kalian. Memang, sedikit mengkhawatirkan ya ? Tetapi Vox dan Voxy, post-holiday blues ini ternyata hal yang wajar kok. Bahkan, kalian bisa anggap ini sebagai hal yang positif.
Menurut seorang pakar kebahagiaan dan psikolog dari Fakultas Psikologi Deakin University, Melissa Weinberg menyatakan bahwa emosi ini adalah hal yang bagus. Artinya fungsi psikologis terhitung sehat. Psikolog Klinis, Veronica Adesla pun juga menyatakan siapa saja yang mengalami kondisi ini umumnya bersifat sementara karena hanya berlangsung dalam beberapa hari setelah liburan.

Nah Vox dan Voxy, ada beberapa cara untuk mengatasi Post-Holiday Blues ini. Yuk dicek !

1. Ceritakan Perasaanmu ke Orang Terdekat

Kalian bisa menceritakan apa yang kalian rasakan ini dengan keluarga, sahabat maupun orang terdekat kalian. Dengan begitu, kalian memiliki support system yang dibutuhkan dan tidak memendam perasaan sedih tersebut.

2. Healing Tipis-tipis untuk Self Love

Kalian bisa jadwalkan tiap seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk healing tipis-tipis. Bisa staycation, jalan bareng dengan teman, ataupun merawat diri sendiri. Sehingga, perasaan nyaman dan senang akan terus ada hingga liburan panjang kembali datang.

3. Jaga Fisik dengan Olahraga dan Tidur yang Cukup

Dengan adanya emosi ini, fisikpun pasti akan mendapatkan dampaknya. Kalian bisa alihkan emosi sedih ini dengan berolahraga. Olahraga bisa membuat kalian lepas dari stres dan kesedihan. Tidur yang cukup juga mencegah kalian agar tidak terlalu overthinking malam-malam dan malah akan membuat depresi.

4. Tetapkan Tujuan Holiday Selanjutnya !

Agar kesedihan tersebut berganti dengan antusiasme. Vox dan Voxy bisa membuat planning atau jadwal untuk liburan selanjutnya yang akan dilakukan. Sehingga, kalian bisa cepat kembali aktivitas sehari-hari dan kumpulin duit sebanyak-banyaknya. hehehehe

Semoga dengan cara ini bisa membantu kalian mengatasi post-holiday blues. Tetapi jika semua cara ini nggak berhasil, lebih baik kalian cari bantuan medis dan konsultasi keluhan kalian ini. Khususnya, jika kalian rasa gejalanya semakin buruk.

Penulis : Tim Vox

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews