Voxnews

Perahu Fiber Glass, Alternatif Pemkab Kukar untuk Membantu Nelayan

Foto: Ilustrasi Perahu Fiber Glass.

Caption: Foto: Ilustrasi Perahu Fiber Glass.

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menawarkan alternatif untuk membantu nelayan di daerahnya. Alternatif tersebut adalah perahu fiber glass, yang dianggap lebih baik dari perahu kayu dalam berbagai hal.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar, Asli Husaini, mengatakan bahwa perahu fiber glass memiliki banyak kelebihan dibandingkan perahu kayu. Perahu fiber glass lebih kuat, tahan lama, dan ramah lingkungan.

“Perahu kayu mudah lapuk dan rusak, sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Perahu fiber glass tidak mudah lapuk dan rusak, sehingga lebih hemat biaya dan awet,” kata Asli Husaini, Senin (30/10/2023).

Asli Husaini menambahkan bahwa Pemkab Kukar telah memberikan bantuan perahu fiber glass kepada nelayan produktif sejak dua tahun lalu. Bantuan ini merupakan realisasi dari program 25 ribu nelayan produktif yang diusung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Selain itu, DKP Kukar juga mengadakan pelatihan pembuatan perahu fiber glass bagi nelayan yang tertarik. Pelatihan ini bekerja sama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung, Sulawesi Utara.

“Kami terus memberikan pelatihan bagi mereka yang berminat untuk membuat perahu fiber glass. BPPP Bitung akan mengeluarkan sertifikat yang menjamin kualitas pembuatan perahu fiber glass dari mereka,” ucap Asli Husaini.

Asli Husaini berharap bahwa dengan beralih ke perahu fiber glass, para nelayan dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan mereka. Ia juga mengapresiasi dukungan dari komunitas nelayan yang telah mulai menggunakan perahu fiber glass.

“Kami berharap para nelayan dapat merasakan manfaat dari perahu fiber glass. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada komunitas nelayan yang telah mendukung program ini,” ujar Asli Husaini.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews