Voxnews

Dispora Kaltim Harapkan Roadmap DOD Berdampak Baik Untuk Pembinaan DBON

Foto: Kepala Dispora Provinsi Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma (AHK).

Caption: Foto: Kepala Dispora Provinsi Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma (AHK).

SAMARINDA – Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim telah sampai pada tahap penyelesaian akhir pembuatan peta jalan atau roadmap Desain Olahraga Daerah (DOD) 2023-2026. Hal itu berjalan, setelah mempelajari draft naskah yang dibuat oleh tim pakar dari Kemenpora RI, pada Juli 2023 lalu.

Tahapan finalisasi tersebut dilakukan pada Oktober 2023 belum lama ini, di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim.

Walau roadmap tersebut merupakan hal yang bersejarah bagi dunia keolahragaan di Benua Etam, namun Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) berharap ada turunan dari peta jalan DOD.

Mengingat DOD adalah roadmap secara umum atau garis besar, apabila ada turunan, maka berbagai hal teknis disetiap bidang akan lebih terarah dan terukur.

“Ada 3 peta jalan untuk menyesuaikan struktur organisasi. Seperti peta jalan terhadap olahraga pendidikan, peta jalan untuk industri olahraga, dan peta jalan pariwisata olahraga,” ucap AHK.

Ketiga roadmap tersebut nantinya akan memberikan DBON Kaltim lebih spesifikasi dalam menjalankan programnya. Sehingga dampak ke tujuan utamanya pun juga bisa mencetak atlet dan meraih prestasi.

“Contohnya sport industry cabor basket. Di roadmap itu, dibahas basket ini akademinya di mana sih, venuenya di mana sih. Jadi one stop to olahraga, disitu dia di didik, disitu juga dia bisa menghasilkan,” katanya.

Mengingat sport industry tak hanya mencangkup bidang olahraga semata, tetapi juga di bidang perekonomian. Oleh karena itu AHK menilai hal tersebut perlu adanya peta jalan. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews