Voxnews

Pemkab Kukar Bantu Armada Pengangkut Sampah untuk Loa Kulu

Foto: Camat Loa Kulu, Ardiansyah.

Caption: Foto: Camat Loa Kulu, Ardiansyah.

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan bantuan satu armada pengangkut sampah untuk Kecamatan Loa Kulu. Bantuan ini diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan pengelolaan sampah di wilayah tersebut.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah menyampaikan, bantuan armada pengangkut sampah ini sangat bermanfaat bagi pihaknya. Sebab, selama ini jumlah armada pengangkut sampah di Loa Kulu hanya satu unit saja.

“Dengan adanya bantuan ini, kami bisa lebih optimal dalam mengangkut sampah dari masyarakat. Kami berterima kasih kepada Pemkab Kukar atas bantuan ini,” ucap Ardiansyah, Kamis (26/10/2023).

Ia menjelaskan, selama ini pihaknya mengalami kesulitan dalam mengelola sampah di Loa Kulu. Pasalnya, lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada saat ini berada di Desa Bekotok, Kecamatan Tenggarong.

“Jaraknya cukup jauh, sekitar 40 kilometer dari Loa Kulu. Belum lagi biaya operasional yang cukup besar. Makanya kami sangat membutuhkan armada pengangkut sampah yang lebih banyak,” terangnya.

Camat Loa Kulu mengatakan, pihaknya juga sedang bersiap untuk membangun TPA baru di Desa Jembayan Tengah, Loa Kulu. Lahan yang akan digunakan untuk pembangunan TPA baru tersebut sudah disiapkan oleh pemerintah kecamatan.

“Kami sudah siapkan lahannya di Jembayan Tengah. Nanti di sana kita bangun TPA yang sesuai dengan standar lingkungan. Lokasinya juga jauh dari pemukiman warga, jadi tidak akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan masyarakat,” katanya.

Dirinya berharap, dengan adanya TPA baru ini, masyarakat Loa Kulu bisa lebih tertib dalam membuang sampah. Selama ini, banyak warga yang masih membakar sampah di pekarangan rumah mereka.

“Pembakaran sampah itu kan tidak baik untuk lingkungan dan kesehatan. Kami harap masyarakat bisa lebih peduli dengan kebersihan dan lingkungan. Kami juga sudah siapkan SDM yang akan bertugas mengangkut sampah di Loa Kulu,” tutupnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews