Voxnews

Cara Bank Sampah Maluhu Tingkatkan Pengetahuan Pengelolaan Administrasi

Foto: Kegiatan sosialisasi pengelolaan administrasi bank sampah di Maluhu.(Istimewa)

Caption: Foto: Kegiatan sosialisasi pengelolaan administrasi bank sampah di Maluhu.(Istimewa)

TENGGARONG – Bank sampah merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah sampah rumah tangga yang kian menumpuk. Dengan bank sampah, sampah-sampah yang sebelumnya dianggap tidak berguna bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bernilai ekonomis maupun estetis. Namun, untuk menjalankan bank sampah dengan baik, diperlukan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola administrasi bank sampah.

Hal ini menjadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yang mengadakan sosialisasi pengelolaan administrasi bank sampah di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, pada Rabu (25/10/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 26 pengurus bank sampah yang ada di Tenggarong, dan dibuka oleh Sekretaris DLHK Kukar Taufiq.

Dalam sosialisasi ini, para peserta mendapatkan materi dari Rahma Dewi dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan (P3EK) dan Abdurahman dari Kota Hijau Balikpapan. Mereka membagikan pengalaman dan tips dalam mengelola administrasi bank sampah, mulai dari pencatatan, pelaporan, hingga pemasaran hasil daur ulang sampah.

Taufiq mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pengurus bank sampah, sehingga mereka bisa lebih profesional dan mandiri dalam menjalankan usaha mereka. Ia juga menyampaikan bahwa DLHK Kukar mendukung penuh program bank sampah, baik dari segi sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, para pengurus bank sampah bisa lebih optimal dalam mengelola sampah rumah tangga menjadi barang berharga. Ini sejalan dengan visi misi program Kukar Idaman, yaitu mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dengan mengelola sumber daya alam yang berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, Taufiq juga berencana untuk bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar untuk menyosialisasikan program bank sampah di sekolah-sekolah. Ia berharap, dengan demikian, anak-anak sekolah bisa lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan sejak dini.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews