Voxnews

Berbagai Pengalaman Menarik di Pelatihan Pemula di Long Mesangat

Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat naik Reog Ponorogo. (Istimewa)

Caption: Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat naik Reog Ponorogo. (Istimewa)

KUTIM – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) melalui Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Rasman, mengaku telah mendapatkan pengalaman yang asik saat melaksanakan kegiatan Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula tahap I di Kecamatan Long Mesangat, Kutai Timur, pada Senin (13/11/2023) kemarin.

Di mana dalam pembukaan kegiatan tersebut, Rasman diajak untuk naik ke atas Reog Ponorogo saat menyaksikan penampilan grup kesenian daerah setempat.

“Sebelum acara dimulai, saya diajak naik ke atas Reog Ponorogo. Ini pengalaman pertama kali berinteraksi langsung dengan Reog sepenuhnya,” ucap Rasman dengan senang.

Ia menilai, kesenian Reog Ponorogo sudah menjadi andalan dalam berbagai acara di Kaltim, baik acara pemerintahan, olahraga, maupun hiburan. Apalagi kesenian tersebut kerap tampil dalam agenda Liga Pemuda Etam atau acara lain seperti pembukaan Kecakapan Hidup kemarin.

“Reog Ponorogo sering tampil di acara-acara di Kaltim, baik olahraga, musik, atau pemerintahan. Mereka selalu meramaikan acara dengan penampilannya,” katanya.

Untuk itu Rasman berharap, kesenian dan budaya lokal seperti Reog Ponorogo harus tetap dilestarikan dengan melibatkan generasi muda dan anak-anak. Menurutnya, ini merupakan aset budaya yang harus dijaga keberadaannya.

“Seni budaya lokal kita seperti Reog Ponorogo harus dilestarikan dengan melibatkan pemuda dan anak-anak sebagai penerusnya. Ini aset budaya yang harus dijaga,” ujar Rasman. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews