Voxnews

6 Manfaat Kelas Parenting yang Disampaikan Bunda PAUD Kukar

Foto: Bunda PAUD Kukar, Maslianawati Edi Damansyah.

Caption: Foto: Bunda PAUD Kukar, Maslianawati Edi Damansyah.

TENGGARONG – Bagaimana cara menjadi orang tua yang baik untuk anak-anak? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak para orang tua, terutama di era digital yang penuh tantangan seperti sekarang ini. Untuk menjawab pertanyaan ini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) Maslianawati Edi Damansyah mengadakan kelas parenting di Sekolah Dasar (SD) 009 Sanga Sanga, Kamis (02/11/2023).

Kelas parenting adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada orang tua dalam hal pengasuhan anak. Dalam kelas parenting, orang tua akan belajar tentang berbagai hal yang berkaitan dengan perkembangan anak, seperti gaya parenting, teknik komunikasi, manajemen emosi, harga diri, citra tubuh, fase balita, fase remaja, dan perilaku anak menantang.

“Kelas parenting ini sangat penting bagi orang tua, karena mereka akan mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat untuk membantu mereka membesarkan dan mendidik anak dengan cara yang efektif dan kreatif,” kata Maslianawati.

Selain itu, kelas parenting juga akan memberikan orang tua kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk menjadi orang tua yang hebat bagi anak-anak. Dengan demikian, orang tua dapat menciptakan lingkungan rumah yang sehat dan bahagia, serta mempersiapkan anak-anak untuk menjadi generasi masa depan yang sukses.

Maslianawati menjabarkan 6 manfaat yang dapat dirasakan oleh orang tua yang mengikuti kelas parenting, yaitu:

  1. Membantu orang tua mengelola emosi dan stress
  2. Membantu orang tua mengembangkan strategi pengasuhan berdasarkan usia anak
  3. Membantu orang tua berkomunikasi dengan anak secara efektif
  4. Membantu orang tua mengembangkan dinamika keluarga yang sehat dan bahagia
  5. Membantu orang tua mengembangkan support system untuk anak
  6. Membantu orang tua memahami psikologi anak

“Saya harap semua guru dan orang tua murid dapat mengikuti kelas parenting ini dengan baik, karena ini akan sangat bermanfaat bagi mereka dan anak-anak,” tutup Maslianawati.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews