Voxnews

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Bus Samarinda Seberang, Ini Harapannya !

Presiden RI, Joko Widodo (tengah) didampingi PJ Gubernur Kaltim, Akmal Malik (Kiri) dan Wali Kota Samarinda, Andi Harun (kanan). (Voxnews.id)

Caption: Presiden RI, Joko Widodo (tengah) didampingi PJ Gubernur Kaltim, Akmal Malik (Kiri) dan Wali Kota Samarinda, Andi Harun (kanan). (Voxnews.id)

SAMARINDA – Kota Samarinda, Kalimantan Timur, kedatangan tamu istimewa pada Rabu (28/2/2024). Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadir untuk meresmikan Terminal Bus Samarinda Seberang yang menjadi ikon perekonomian dan kebudayaan daerah.

Terminal Bus Samarinda Seberang merupakan terminal berkelas A yang melayani penumpang bus lintas kota dan lintas provinsi. Terminal ini juga menjadi lokasi tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kegiatan sosial, seni, dan budaya.

Tujuan pembangunan terminal ini adalah untuk memperbaiki kondisi terminal yang dulu kotor dan tidak layak. Selain itu, terminal ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterhubungan antarwilayah di Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi menyatakan, terminal ini dapat mengatasi kemacetan di Samarinda. Ia menyoroti pentingnya transportasi massal dan transportasi umum untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Ia mencontohkan Jakarta yang sudah macet sejak dulu meskipun sudah memiliki berbagai transportasi massal seperti Kereta Rel Listrik, Lintas Raya Terpadu, Mass Rapid Transit, kereta cepat, dan transjakarta.

“Kota-kota di luar Jakarta harus mempersiapkan diri dengan transportasi umum dan transportasi massal. Saya senang melihat Terminal Samarinda Seberang yang bersih, rapi, dan tertata,” kata Presiden Jokowi.

Ia berharap, masyarakat Samarinda dapat memanfaatkan terminal ini untuk menggunakan transportasi umum. Ia mengatakan, dari terminal ini, masyarakat dapat pergi ke Balikpapan, Banjarmasin, dan kota-kota lainnya.

“Transportasi umum lebih baik daripada transportasi pribadi. Ini untuk mengurangi kemacetan di semua kota yang kita miliki,” ujarnya.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi didampingi oleh beberapa menteri dan pejabat, antara lain Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketua Wantimpres Wiranto, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Wali Kota Samarinda Andi Harun. (*)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews