Voxnews

Catat Tanggal Samarinda Bakal Panas Sampai Tak Berbayang !

Ilustrasi Hari Tanpa Bayangan.(Istimewa)

Caption: Ilustrasi Hari Tanpa Bayangan.(Istimewa)

Hai Vox and Voxy ! Beberapa pekan terakhir, cuaca panas ekstrem banget kan ? Bikin pusing kepala, keringat bercucuran, sampai emosi mendadak. Kondisi akan terus berlangsung sampai beberapa waktu ke depan.

Cuaca panas ini juga menyebabkan ada beberapa fenomena yang terjadi. Salah satunya, ada fenomena dimana ketika kalian berdiri di luar ruangan, bayangan kalian akan tegak lurus atau kalian tidak bisa melihat bayangan kalian sendiri.

Nah.. fenomena ini akan terjadi di beberapa daerah lainnya di Indonesia. Salah satunya Kota Samarinda. Sebelum kalian menunggu fenomena ini, yuk kenali dulu Fenomena apa sih ini sebenarnya ?

HARI TANPA BAYANGAN

Hari tanpa bayangan ini disebut sebagai kulminasi. Fenomena ini terjadi ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Perlu kalian ketahui, Hari Tanpa Bayangan ini bisa terjadi karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi.

Sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5 LU hingga 23,5 LS. Kondisi inilah yang menyebabkan bayangan benda tegak akan terlihat “menghilang”, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

KAPAN TERJADI HARI TANPA BAYANGAN ?

Berdasarkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tahun ini matahari akan tepat berada di khatulistiwa pada 20 Maret 2024 pukul 10.06 WIB dan 22 September 2024 19.43 WIB.

Tapi, kulminasi utama tahun 2024 di Indonesia terjadi di antara 21 Februari 2024 di Baa, Nusa Tenggar Timur hingga pada 14 April 2024 di Sabang Aceh.

Beberapa daerah lainnya juga akan mengalami Hari Tanpa Bayangan kok ! Daerah Samarinda termasuk. Nah… kali aja kalian ingin mempersiapkan diri untuk melihat fenomena ini.

Kalau kita melihat berdasarkan jadwal yang dirilis dari BMKG. Beberapa daerah di Kalimantan mengalami hal tersebut kok. Seperti Pontianak yang bakal mengalami fenomena ini pada 20 Maret 2024 pukul 11.50 WIB.

Beralih ke Palangka Raya, akan terjadi pada 14 Maret 2024 pukul 11.33 WIB. Di Banjarmasin sendiri akan terjadi pada 12 Maret 2024 pukul 12.31 WITA.

Kalau Kota Samarinda tercinta ini, kita bisa melihat fenomena Hari Tanpa Bayangan pada 19 Maret 2024 pukul 12.19 WITA.

Catat biar kalian bisa lihat. Tapi jangan lupa jaga kesehatan, menggunakan sunscreen dan pelindung kepala ya, Vox and Voxy !!

Penulis : Tim Vox

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews