Voxnews

Bukti Komitmen Lawan Penyakit ATM, Pemkab Kukar Dianugerahi Penghargaan Adinkes 2023

Caption: Foto : Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin saat menerima penghargaan.

TENGGARONG – Prestasi membanggakan kembali berhasil diraih oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar). Setelah sebelumnya unggul dalam inovasi ketahanan pangan di sektor pertanian, kini giliran sektor kesehatan yang menunjukkan kesuksesan dalam penanggulangan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria (ATM).

Pemkab Kukar bahkan menjadi perwakilan yang menggambarkan semangat kerja dari 10 kabupaten dan kota di Kalimantan Timur (Kaltim). Penghargaan ini diserahkan langsung kepada Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, bersama dengan kepala daerah lainnya, dalam acara di Hotel Gammara, Makassar, pada Selasa (1/7/2023) malam. Acara tersebut merupakan bagian dari Pertemuan Nasional Asosiasi Dinas Kesehatan (Adinkes) se-Indonesia.

“Wujud apresiasi ini adalah hasil dari kerja sama yang kokoh, terutama melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan tim kesehatan dalam menjalankan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” ungkap Rendi.

Rendi menegaskan bahwa komitmen yang dijalankan terlihat dari upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Pemkab Kukar berusaha sepenuhnya dengan memberikan dukungan anggaran melalui perencanaan APBD hingga APBDes dalam mengurangi kasus penyakit ATM.

Dengan mendapatkan penghargaan ini, Rendi berharap semangat yang telah ditunjukkan akan menjadi dorongan bagi Pemkab Kukar dan tim kesehatan untuk terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Semua langkah tersebut sejalan dengan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 yang mengatur tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, RPJMD.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi semua untuk memberikan pelayanan terbaik, khususnya dalam penanggulangan AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria di Kukar,” tambahnya.

Selain Kukar, penghargaan serupa juga diberikan kepada beberapa daerah lainnya. Antara lain Kabupaten Muara Enim, Musi Rawas, dan Banyuasin dari Sumatera Selatan (Sumsel), Halmahera Selatan dan Ternate dari Maluku Utara (Malut), Bukit Tinggi dari Sumatera Barat (Sumbar), Lombok Barat dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Semarang dari Jawa Tengah (Jateng), Banda Aceh dari Aceh, Mojokerto dari Jawa Timur, Manokwari dari Papua Barat, dan Bali. (*)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews