Voxnews

Upaya Tingkatkan Prestasi, Dispora Kaltim Berencana Bentuk Akademi Olahraga

Foto: Kadispora Kaltim, Agus Hari Kesuma.

Caption: Foto: Kadispora Kaltim, Agus Hari Kesuma.

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) terus berupaya untuk meningkatkan prestasi olahraga Bumi Etam di tingkat nasional. Untuk itu ada beberapa langkah strategis yang akan dilakukan, diawali dengan membentuk akademi olahraga.

Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) mengaku bahwa langkah strategis tersebut berdasarkan data yang diamati dari keberhasilan suatu daerah yang membangun olahraga, baik di sektor industri maupun wisatanya.

“Kita dapat menciptakan sebuah akademi yang fokus pada industri olahraga dan pariwisata, karena sumber daya manusia yang berkualitas tersedia di Dispora Kaltim,” ucap Kadispora Kaltim, Agus Hari Kesuma belum lama ini.

Kemudian, AHK berpendapat bahwa Provinsi Jawa Barat (Jabar) merupakan inspirasi baginya dalam hal olahraga.

Menilik sejak menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2016 lalu, Jabar menjadi kontingen yang cukup tangguh. Prestasi tersebut kembali dibuktikan saat kembali menghadapi multi event edisi ke-20 itu di Papua 2021 lalu.

“Dalam kasus Jabar, kami melihat banyak akademi olahraga yang aktif, dan sebagian besar cabang olahraga memiliki akademi tersendiri. Di Kaltim, kami ingin menciptakan situasi di mana atlet-atlet tidak hanya berlatih secara mandiri tetapi juga bersaing melawan diri sendiri dalam meningkatkan prestasi mereka,” katanya menjelaskan.

Sementara itu mengenai peran Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim, AHK mengakui pentingnya memiliki akademi olahraga yang mandiri. Dirinya mengusulkan agar DBON Kaltim segera merencanakan dan mengimplementasikan akademi olahraga mereka sendiri.

Dalam hal fasilitas dan infrastruktur, Dispora Kaltim berkomitmen untuk berkoordinasi dengan DBON Kaltim agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada, termasuk dalam hal pembayaran untuk penggunaan fasilitas olahraga tertentu.

“Pengembangan industri olahraga dan pariwisata adalah langkah penting menuju prestasi olahraga yang lebih baik, dan kami berharap dapat bersinergi dengan semua pihak terkait untuk mencapai tujuan ini,” ujar AHK. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews