Voxnews

TP PKK Kaltim dan Samarinda Tanam Cabai Serentak untuk Ketahanan Pangan

Ketua TP PKK Prov Kaltim, Yulia Zubir Malik dan Ketua TP PKK Kota Samarinda, Rinda Wahyuni, saat diwawancarai.

Caption: Ketua TP PKK Prov Kaltim, Yulia Zubir Malik dan Ketua TP PKK Kota Samarinda, Rinda Wahyuni, saat diwawancarai.

SAMARINDA – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan TP PKK Kota Samarinda bersama-sama menanam cabai di berbagai lokasi, Senin (4/3/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 Tingkat Nasional.

Seribu bibit cabai yang telah disiapkan oleh TP PKK dibagi dan ditanam di kebun PKK Samarinda dan lahan-lahan lain yang ada. Seluruh TP PKK se-Kaltim, dari tingkat provinsi sampai perkampungan, turut serta dalam kegiatan ini.

Pj Ketua TP PKK Provinsi Kaltim, Yulia Zubir Malik menyampaikan, gerakan menanam cabai ini sesuai dengan salah satu program pokok PKK, yaitu memanfaatkan lahan darat maupun air, minimal untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Gerakan ini juga sejalan dengan program Cadangan Pangan Masyarakat (CPM) yang diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan.

“Gerakan ini dilaksanakan secara bersamaan di seluruh Indonesia, baik secara online maupun offline, yang terhubung melalui zoom meeting. Ibu Iriana (Ibu Negara Indonesia) dari Kota Bogor secara langsung mengawasi pelaksanaannya di 38 provinsi dan lebih dari 500 kabupaten/kota,” ujar Yulia di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda.

Yulia berharap, gerakan ini dapat berkontribusi dalam mengendalikan inflasi, khususnya untuk komoditi cabai yang sering mengalami kenaikan harga saat menjelang hari-hari besar, seperti bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami TP PKK ingin ikut adil dalam menekan inflasi cabai. Kami harap masyarakat dapat panen cabai dari pekarangan rumah mereka sendiri karena sebentar lagi sudah masuk bulan puasa,” katanya.

Yulia menambahkan bahwa gerakan menanam ini tidak terbatas pada cabai, tetapi juga pada komoditi lainnya. Seperti ubi-ubian, kacang-kacangan, dan ikan.

Ketua TP PKK Kota Samarinda, Rinda Wahyuni Andi Harun mengatakan bahwa seribu bibit cabai yang ditanam merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, melalui Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Kaltim, dan hasil budidaya sendiri oleh TP PKK Samarinda.

Sebagian bibit cabai sudah disebar ke TP PKK di tingkat kecamatan dan kelurahan, sebanyak 50 sampai 75 bibit per wilayah. Bibit tersebut akan ditanam di lahan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat setempat.

Rinda berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah mereka dengan media tanam yang sederhana untuk memenuhi kebutuhan dapur mereka sendiri.

Rinda juga mengajak masyarakat untuk ikut mandiri menanam cabai atau sayur mayur lainnya yang menjadi kebutuhan rumah tangganya sendiri di rumah. Menurutnya, menanam dapat mengurangi beban ekonomi, sekaligus membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan sejuk.(Adv/ Diskominfo Samarinda)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews