Voxnews

Pemerintah Loa Kulu Siap Bangun TPA Baru di Jembayan Tengah, Ini Alasannya

Foto: Ilustrasi tumpukan sampah.

Caption: Foto: Ilustrasi tumpukan sampah.

TENGGARONG – Pemerintah Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menyiapkan lokasi pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah baru di Desa Jembayan Tengah. Hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah sampah yang menumpuk di wilayahnya.

Camat Loa Kulu Ardiansyah mengungkapkan, lahan seluas 2 hektare yang akan dijadikan TPA baru adalah tanah milik pemerintah yang berlokasi jauh dari pemukiman warga. TPA baru ini diharapkan bisa menggantikan TPA lama di Desa Loa Kulu Kota yang sudah overload atau kelebihan muatan.

“Kita menginisiasi adanya TPA di Jembayan Tengah, di sana ada lahannya pemerintah. Sampah ini menjadi salah satu masalah di masyarakat,” ungkap Ardiansyah, Sabtu (28/10/2023).

Untuk mendukung pembangunan TPA baru, Pemerintah Kecamatan Loa Kulu juga mendapat bantuan 1 unit mobil truck sampah dari Pemerintah Kabupaten Kukar. Saat ini, Pemerintah Kecamatan Loa Kulu memiliki 2 armada pengangkut sampah.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan pengelolaan sampah yang baik dan benar kepada masyarakat. Dengan demikian, sampah-sampah anorganik yang dikumpulkan warga bisa diolah dan didaur ulang menjadi aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

“Kita akan latih masyarakat di beberapa desa untuk pengelolaan sampah yang benar. Namanya simpanan emas. Kita kelola menjadikan sampah ini sumber penghasilan masyarakat,” paparnya.

Ardiansyah berharap, dengan adanya TPA baru dan pelatihan pengelolaan sampah, lingkungan Kecamatan Loa Kulu bisa lebih bersih, sehat, dan nyaman. Ia juga berharap hal ini bisa berdampak positif terhadap kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Loa Kulu.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews