Voxnews

Tingkatkan Produk UMKM, DPRD Kaltim Minta Disperindagkop Maksimalkan e-Katalog

Foto: Encik Wardani menghadiri RDP bersama Disperindagkop dan UKM Kaltim.

Caption: Foto: Encik Wardani menghadiri RDP bersama Disperindagkop dan UKM Kaltim.

SAMARINDA – Komisi II DPRD Kaltim, menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Disperindagkop dan UKM Kaltim, Jumat (3/11/2023). Dalam agenda itu, Encik Wardani, Anggota Komisi II DPRD Kaltim, mendorong Disperindagkop Kaltim, memaksimalkam program pengembangan UMKM lewat e-katalog.

“Pentingnya e-katalog sebagai salah satu cara belanja pemerintah yang wajib digunakan oleh pelaku UMKM,” kata Encik.

Menurutnya, e-katalog bisa memudahkan pelaku UMKM untuk menawarkan produk atau jasa mereka kepada pemerintah maupun swasta.

“Dari koordinasi dinas terkait, beberapa UMKM juga dilatih. Saya menilainya ini masih belum maksimal dan banyak pelaku UMKM belum bisa melakukan ini secara teknis,” jelasnya.

Dikemukakannya, perihal itu jadi tantangan Kaltim bagaimana e-katalog menjadi trending, karena ini memudahkan, bahkan dalam e-katalog mencari jasa cleaning service pun juga ada.

“Orang mau cari barang apa juga ada. Tinggal klik pakai jari sudah bisa bertransaksi dan ini perlu dimasifkan lagi kepada UMKM,” lanjutnya.

Encik yang juga legislator daerah pemilihan Samarinda berharap, Disperindagkop Kaltim bisa terus memberikan bimbingan dan pendampingan kepada pelaku UMKM agar bisa mengikuti perkembangan teknologi dan pasar. Ia juga mengingatkan, bahwa peningkatan UMKM harus dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

“Upaya mereka guna mengurangi angka pengangguran karena berkait dengan tumbuhnya UMKM di Kaltim,” tegasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews