Voxnews

Seno Aji Minta Pemprov Kaltim Prioritaskan Pembangunan Bendungan dan Embung

Foto: Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim.

SAMARINDA – DPRD Kaltim berkomitmen mendukung pengembangan sektor pertanian di Bumi Mulawarman. Demi meningkatkan sektor tersebut, tentunya irigasilah yang menjadi kunci utama keberhasilan.

Untuk itu, Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim, mendorong Pemprov Kaltim memprioritaskan pembangunan bendungan dan embung di daerah pertanian.

Seno Aji mengatakan sistem irigasi jadi bagian penting dalam sektor pertanian, sebab peran irigasi memastikan bagaimana sistem pengairan yang mengaliri ke sawah-sawah petani.

“Ada beberapa lokasi yang sudah ditetapkan untuk pembangunan bendungan dan embung, antara lain Kutai Kartanegara dan Samarinda,” kata Seno Aji, Rabu (8/11/2023).

Seno Aji menegaskan pembangunan bendungan dan embung itu segera direalisasikan dan dimanfaatkan oleh para petani di Kaltim.

“Bendungan dan embung itu penting untuk menyediakan air irigasi yang berkelanjutan untuk petani. Apalagi, beberapa waktu lalu musim kemarau menghampiri Kaltim,” jelasnya.

“Sudah pasti, musim kemarau itu memberikan dampak terhadap hasil-hasil pertanian yang ada. Sehingga, hasil panen tidak maksimal,” lanjutnya.

Seno menegaskan pembangunan irigasi akan menjadi prioritas bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim pada 2024 sampai 2025 mendatang.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Pak Pj Gubernur, sektor pendukung ini semestinya sudah menjadi program prioritas,” tegasnya.

Seno juga mengapresiasi program-program yang sudah dilakukan oleh Pemprov Kaltim untuk mendukung peningkatan hasil pangan di Kaltim, seperti bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), bantuan bibit, dan lain-lain.

Ia menilai, program-program itu sudah mulai menunjukkan hasilnya, seperti kenaikan produksi gabah di Kukar dari tahun 2022 hingga 2023.

“Ini menunjukkan bahwa program yang kita canangkan sudah mulai menunjukkan hasilnya. Meskipun ada penurunan produksi gabah di akhir tahun ini karena musim kemarau, tapi kita optimistis tahun depan akan lebih baik lagi,” pungkasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews