Voxnews

Sampah Menjadi Harta: Cerita Sukses Bank Sampah Maluhu

Foto: Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

Caption: Foto: Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

TENGGARONG – Di tengah arus sampah yang terus meningkat, Kelurahan Maluhu di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menorehkan kisah sukses yang menginspirasi. Masyarakat Maluhu telah mengubah pandangan tentang sampah dengan mendirikan tiga bank sampah inovatif di RT 3, 4, dan 23.

Bank Sampah Maluhu tidak hanya tempat penyimpanan sampah, tetapi laboratorium kreativitas.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro menerangkan, dengan bimbingan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar, warga telah berhasil mengubah sampah-sampah sulit terurai menjadi barang-barang bernilai tinggi.

“Produk unggulan mereka, seperti kursi dari ban bekas, telah menjadi primadona di pasaran local,” ungkap Tri.

“Kami membuktikan bahwa sampah bukanlah masalah, melainkan sumber daya yang belum tergarap dengan baik,” sambungnya.

Langkah pemerintah kelurahan yang menyediakan wadah-wadah untuk barang-barang bekas di rumah-rumah warga telah menjadi fondasi kesuksesan ini.

Bank Sampah Maluhu bukan hanya mengubah sampah menjadi hartanya, tetapi juga mengajarkan masyarakat tentang nilai sesungguhnya dari keberlanjutan.

Warga Maluhu menunjukkan bahwa kepedulian terhadap lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga setiap individu.

“Kisah sukses ini mengajak semua orang untuk melihat sampah sebagai peluang, bukan masalah, dalam menciptakan masa depan yang lebih baik,”(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews