Voxnews

Kepala DPK Kukar Ungkapkan Sektor Perikanan Penuhi Target

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, bersama para nelayana Kukar. (Istimewa)

Caption: Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, bersama para nelayana Kukar. (Istimewa)

TENGGARONG – Pada masa kepemimpinan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, sukses mendongkrak sektor perikanan Kukar, khususnya di Kecamatan Anggana. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Kelautan Kukar, Muslik.

Dengan kebijakan yang tepat, produksi perikanan tangkap di Kukar melejit jauh 22 persen menjadi 98.397 ton pada 2023 dari sebelumnya 80.748 pada 2021.

Selain itu, produksi perikanan budidaya meningkat tajam sebesar 51 persen, mencapai 191.122,52 tin pada 2023 dari sebelumnya 126.773 ton. Dari meningkatnya produksi tersebut nilai yang diperoleh juga meningkat menjadi Rp 8,92 triliun pada 2023 dari sebelumnya Rp 6,99 triliun.

Hasil yang memuaskan tersebut meningkatkan Nilai Tukar Nelayan Kukar menjadi 103 tahun 2023. Hal ini tak lepas dari keseriusan Edi Damansyah dalam memimpin dan membangun sektor perikanan.

“Program Dedikasi Idaman yang diusung, membuat para nelayan serta pembudidaya perikanan produktif. Memang itu merupakan salah satu target strategisnya,” ungkap Muslik, Selasa (19/3/2024).

Muslik juga mengungkapkan, pada tahun ini fasilitas untuk para nelayan dan pembudidaya Kecamatan Anggana telah mencapai target, yaitu 25 ribu orang.

Fasilitas yang telah disalurkan, berupa mesin diesel, ketinting dan cool box untuk menyimpan ikan, bantuan yang disalurkan secara masif itu membuahkan hasil perubahan para nelayan menjadi lebih maju.

“Kemajuan yang terjadi di Anggana bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam. Ini adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan visi yang jelas dari pemimpin dan masyarakatnya,” pungkasnya. (Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews