Voxnews

Puji Setyowati Dorong Lakukan Rekrutmen Tenaga Medis

Foto: Puji Setyowati, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Puji Setyowati, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, fasilitas kesehatan di Bumi Mulawarman masih membutuhkan sekitar dua ribu dokter. Saat ini ada sekitar dua ribu dokter di Kaltim.

Dengan jumlah itu, Kaltim baru memenuhi 50 persen rasio kebutuhan dokter untuk jumlah penduduk Kaltim yang mendekati angka 4 juta penduduk.

Berdasarkan rasio tenaga kesehatan, Kaltim setidaknya membutuhkan empat ribu dokter. Hal ini pun disoroti Komisi IV DPRD Kaltim. Termasuk sebaran dokter spesialis di Kaltim disebut tidak merata.

Puji Setyowati, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, mengatakan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) masih kekurangan dokter spesialis.

“Kami minta dokter-dokter spesialis ini juga mau di rumah pelayanan-pelayanan dasar yang ada di wilayah 3T. Kalau pemerintah menyiapkan fasilitas dan insentif yang memadai, saya pikir itu akan memotivasi mereka,” kata Puji, Jumat (3/11/2023).

APBD Kaltim 2024 Kaltim telah ditetapkan Rp 20,67 triliun, menjadi angin segar Pemprov Kaltim untuk membuat perencanaan yang matang dan menyeluruh.

Mulai dari sarana prasarana, penyiapan tenaga medis, hingga reward dan kompensasi bagi tenaga ahli atau dokter spesialis.

“Jangan sampai ada orang mengeluh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” tegasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews