Voxnews

Pelatihan Barbershop dan Make Up Artist Digelar di Paser dan PPU

Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman.

Caption: Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman.

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim), melalui Bidang Pengembangan Pemuda, belum lama ini telah sukses menggelar pelatihan Barbershop Make Up Artist (MUA) di Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU).

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman menerangkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelatihan kecakapan hidup.

Selain sebagai kecakapan hidup, pelatihan yang digelar tersebut juga dalam rangka kesiapan pemuda daerah untuk menyambut kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

“Pelatihan kecakapan hidup tersebut dimaksudkan agar para pemuda Kaltim menjadi cakap, berdaya saing, dan mandiri, dalam menghadapi persaingan hidup,” ucap Rasman, baru ini.

Rasman yang juga sebagai pengusaha laundry di Samarinda, berharap kepada kaula muda yang telah mengikuti pelatihan itu tidak hanya menjadi pekerja, tapi menciptakan lapangan kerja atau wirausaha.

Rasman menerangkan, terdapat 350 pemuda yang telah mendapat pelatihan tersebut, antara lain pelatihan desain grafis muda di lima daerah yakni Kabupaten Kutai Kartanegara  (30 peserta), Kabupaten Penajam Paser Utara (30 orang), Kabupaten Paser (30 orang), Kota Bontang (60 peserta), Kota Balikpapan (30 orang), dan Kota Samarinda (60 orang).

Kemudian pelatihan barbershop diikuti 30 orang yang merupakan pemuda Balikpapan dan 30 orang di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Adapun pelatihan kerajinan rotan dan kayu digelar di Lembaga Pembinaan Anak Tenggarong diikuti Kabupaten Kutai (60 orang).

Lantas ada 60 pemuda di Kabupaten Paser mengikuti dua jenis pelatihan kecakapan hidup, yakni pelatihan tata rias artis diikuti 30 kaum muda, kemudian desain grafis muda juga diikuti 30 peserta.

“Khusus untuk desain grafis muda, barber shop, dan make up artis, dilaksanakan ujian sertifikasi nasional dari asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dilaksanakan selama lima hari penuh dalam dua sesi yang digelar dalam waktu bersamaan,” ujarnya. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews