Voxnews

Komisi IV DPRD Kaltim Tegaskan Disdikbud Maksimalkan Pengembangan Sekolah Inklusi

Foto: Puji Setyowati, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Puji Setyowati, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Komisi IV DPRD Kaltim menjadwalkan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Disdikbud Kaltim. Bahasan utama dalam RDP tersebut ialah pengembangan sekolah inklusi di daerah.

Diketahui, sekolah inklusi adalah sekolah yang menerima dan memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus (disabilitas).

“Sekolah inklusi ini harus diperkuat, baik dari segi sarana prasarana maupun penyediaan alat-alat bagi anak-anak yang membutuhkan,” kata Puji Setyowati, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Selasa (7/11/2023).

“Jika menunggu sekolah inklusi khusus itu dibangun dalam waktu yang lama, lebih baik sekolah inklusi yang ada ini kita perkuat dulu,” lanjutnya.

Puji menekankan DPRD bakal melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah inklusi di Samarinda guna melihat apa saja yang dibutuhkan.

“Jangan sampai sekolahnya inklusi, tetapi penerapan pembelajaran masih reguler,” tegasnya.

Dirinya juga mengusulkan Universitas Mulawarman (Unmul) membuka jurusan khusus untuk menghasilkan tenaga-tenaga terapis dan guru-guru inklusi, mengingat kebutuhan akan tenaga-tenaga tersebut masih sangat kurang di Kaltim.

“Jadi memang untuk sementara ini, pengajar untuk sekolah khusus inklusi bagi disabilitas direkrut, sambil kita usulkan ke Unmul untuk membuka bidang studi tersendiri,” pungkasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews