Voxnews

Dispora Kaltim Gelar Pelatihan Tahap I di Long Mesangat Kutim

Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat pelaksanaan pembukaan Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula di Long Mesangat. (Istimewa)

Caption: Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat pelaksanaan pembukaan Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula di Long Mesangat. (Istimewa)

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim), melalui Bidang Pengembangan Pemuda, telah menggelar Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula pada hari pertamanya, Senin (13/11/2023), di Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Di mana agenda tersebut akan memakan waktu cukup lama yakni dari tanggal 13-17 November 2023.

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman menyebutkan pelatihan tersebut sebagai ajang meningkatkan skill pemuda dalam bidang berwirausaha dan bahkan tanpa dipungut biaya apapun, alias gratis.

“Kami gelar pelatihan kewirausahaan pemula supaya para pemuda memiliki skill berwirausaha dan bisa buka usaha sendiri,” kata Rasman.

Ratusan peserta dari pemuda Long Mesangat nampak antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Rasman menjelaskan, ada 5 bidang yang dilakukan pada pelatihan kali ini. Yakni meliputi pelatihan sablon-desain, peternakan, tata boga, perbengkelan, serta makeup artist (MUA).

“Pelatihan dibuka dalam 9 bidang di dua kecamatan itu. Semua pelatihan gratis dan peralatan juga kami siapkan agar skill peserta maksimal,” katanya menjelaskan.

Mewakili nama Dispora Kaltim, Rasman berharap bahwa melalui pelatihan yang digelar ini dapat membuka mindset (pola pikir) dan meningkatkan skill kewirausahaan pemuda Kutim.

“Kami harap pelatihan ini bisa tingkatkan jiwa entrepreneur pemuda serta membantu mereka buka usaha dan lapangan kerja baru di daerahnya,” ujar Rasman.

Setelah dari Long Mesangat, Dispora Kaltim kembali melanjutkan programnya di Kecamatan Busang, Kutim, dari tanggal 20-25 November 2023.

Di mana nantinya juga akan melatih sebanyak 4 bidang, yakni bidang mengukir, perikanan, peternakan dan perbengkelan. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews