Voxnews

Bagus Susetyo Komitmen Kawal Program dan Anggaran Pengembangan Desa Wisata di Kaltim

Foto: Anggota DPRD Kaltim, Bagus Susetyo.

Caption: Foto: Anggota DPRD Kaltim, Bagus Susetyo.

SAMARINDA – Bagus Susetyo, Anggota DPRD Kaltim turut diundang sebagai pembicara dalam Workshop Peningkatan Kapasitas Ekonomi Kreatif di Balikpapan, Jumat (10/11/2023) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bagus Susetyo memaparkan strategi peningkatan kapasitas ekonomi kreatif dan pengelolaan desa wisata.

“Peningkatan kapasitas pelaku ekonomi kreatif sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan potensi desa wisata di Kalimantan Timur,” kata Bagus.

Workshop Peningkatan Kapasitas Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kaltim ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan bimbingan kepada para pengelola desa wisata.

“Desa wisata memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah dan masyarakat. Oleh karena itu, kita harus terus berupaya untuk mengembangkan dan mempromosikan desa wisata yang ada di Kaltim,” jelasnya.

Bagus menegaskan akan mengawal dan mendukung program-program yang berkaitan dengan pengembangan desa wisata, termasuk dalam hal anggaran dan regulasi.

“Kita harus bersinergi antara pemerintah, legislatif, dan masyarakat untuk memajukan desa wisata di Kalimantan Timur. Saya berharap workshop ini bisa memberikan manfaat dan motivasi bagi para pengelola desa wisata untuk terus berinovasi dan berkreativitas,” tegasnya.

Bagus menjelaskan memiliki desa wisata yang telah terkenal di Indonesia, seperti Desa Wisata Pela di Kutai Kartanegara, Desa Wisata Malahing di Bontang hingga Desa Wisata Teluk Harapan yang dikenal Nusantara masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Bagus mencontohkan Desa Wisata Pela menawarkan berbagai daya tarik wisata, seperti keindahan alam, kekayaan budaya, kerajinan tangan, kuliner khas, dan kearifan lokal.

Desa Wisata Pela juga memiliki kelembagaan yang baik, dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaan dan pembangunan potensi pariwisata di desa.

“Kami mengajak pengelola desa wisata untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi pariwisata di desanya,” pungkasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews