Voxnews

Usung Tema Jadoel, Ini 5 Kedai Kopi Favorit di Samarinda !

Foto: Interior Kong Djie Coffee Samarinda. (Ist/Kong Djie Coffee)

Caption: Foto: Interior Kong Djie Coffee Samarinda. (Ist/Kong Djie Coffee)

Hai Vox dan Voxy ! Banyak banget nih coffeeshop di Kota Samarinda. Pasti kadang kalian kebingungan kan memilih kafe ? Atau bosan dengan yang itu-itu aja ? Nah disini kalian bisa datengin nih 5 rekomendasi kedai kopi yang mengusung tema Tempoe Doloe !

1. Kong Djie Coffee

Kedai kopi paling pertama yang mengusung tema jadul tidak lain kalau bukan , Kong Djie Samarinda. Kedai yang berlokasi di Jalan Aga Khan Award, Kawasan Citra Niaga ini memiliki lokasi strategis banget. Bangunan berwarna hijau ini cepat diingat hanya sekali pandangan saja.

Kong Djie menyediakan dua lantai. Lantai pertama diperuntukkan bagi para smoker, sedangkan untuk lantai keduanya untuk non-smoker. Di kedua lantai, kalian dimanjakan dengan berbagai pernak-pernik retro dan foto-foto Samarinda tempo dulu.

Di sini kalian disuguhkan dengan berbagai varian makanan dan minuman. Tetapi mereka terkenal dengan kopi Belitung-nya. Ada kopi hitam, kopi susu, hingga flavor coffee yang suka manis-manis.

Selain itu, Kong Djie juga menyediakan minuman untuk para anti kopi. Seperti Jeruk Kunci, Lemon Lime Honey, Matcha Latte, Red Velvet Latte, Milo Dinosaurus, berbagai milkshake, dan yang lain.

Kong Djie juga memiliki menu snack bertema tempo dulu. Seperti Pisang Goreng Tempo Doeloe, Pisang Keju Jadoel, Lempeng Bahari, telur rebus 1/2 matang ayam kampung, dan Roti Bakar Mentega Gula.

Varian harganya pun aman di kantong. Dari 20k hingga 50k !

2. Kedai Namsa

Vox dan Voxy yang ingin makan mie pangsit dengan nuansa tempo doloe ? Di sini tempatnya ! Kedai Namsa berada di Jalan Kadrie Oening dengan jam operasionalnya 07.00-22.00. Kedai ini memiliki interior dengan konsep perpaduan pecinan dan modern. Hal ini terlihat dari tiap sudut ruangan instagramable.

Kedai Namsa dibagi menjadi dua ruangan. Indoor dan outdoor. Yang indoor kalian bisa menikmati dinginnya AC, sedangkan untuk bagian luar untuk perokok yang mana ada kipas angin. Meskipung nggak terlalu terbantu !

Di Kedai Namsa, memiliki menu jagoannya. Untuk makanannya, pasti mie pangsit ala Namsa dan Hekeng. Untuk snacknya, roti panggang dengan 3 pilihan topping, telur rebus 1/2 matang ayam kampung dan berbagai varian sereal. Sedangkan untuk minumannya, ada dua yang bisa kalian coba. Kopi susunya dan es milo mereka.

Harganya dari 5k hingga 35k!

3. Timur Subur

Bagi pecinta kopi lawas nggak mungkin nggak kenal dengan Warung Kopi Timur Subur yang berada di Jalan Yos Sudarso. Tetapi yang akan direview bukan warung kopi ini. Tetapi anak dari Kopi Timur Subur yang berada di Jalan MT Haryono.

Disini, warung kopinya dilakukan modernisasi dan lebih banyak varian menu. Tetapi tetap mempertahankan ciri khas kopi dan roti mereka. Ruangannya pun lebih luas dibandingkan yang pertama. Oh ya.. di sini ruangannya non-AC ya.

Di Warung Kopi Timur Subur 2.0 ini menyediakan berbagai minuman jadul. Seperti kopi teh ala Timur Subur, kopi hitam dan kopi susu dengan blend milik mereka sendiri. Ada juga berbagai varian teh, dari teh susunya, Green Tea Milo, Lohankuo Tea, dan Chrysanthenum Tea.

Nah.. yang menarik adalah banyaknya varian makanan disajikan di Timur Subur 2.0. Konsepnya sama dengan Timur Subur 1.0, yakni untuk sarapan.

Dari yang ringan, seperti roti telur lumer, Roti Telur, Kaya Butter Toast, Mantao Goreng, Mantao Kukus, Bakpao, hingga toast ala-ala luar negeri. Bagi kalian yang suka sarapan berat, kalian juga bisa memesan bubur ayam, buras dan empek-empek.

Tetapi kalau kalian kesiangan, sebenarnya varian roti bisa kok kalian pesan, kalau bubur ayam tergantung stoknya masih ada ya ! Kalian bisa memesan siomay dan berbagai snack juga disini. Ada lumpia goreng, singkong goreng, curry puff, pastel goreng, dan siomay ayam.

Menariknya lagi, di sini kalian bisa beli juga berbagai Roti Tawar Timur Subur dan Selai Srikaya bikinan mereka sendiri !

4. Kopi Toebroek Juanda

Meskipun terhitung kurang lebih satu tahun berjalan, Kafe Kopi Toebroek Djoeanda ini langsung memperkenalkan dirinya sebagai kafe yang menyajikan menu jadul. Kafe ini berada di Jalan Juanda dan buka pada 08.00 hingga 24.00.

Ruangannya dibagi menjadi dua. Indoor dan outdoor. Indoor sendiri di seluruh ruangannya, instagramable banget ! Meja dan kursi yang banyak memberikan kenyamanan tersendiri untuk pengunjung. Untuk outdoor, ada di bagian depan dan di hadapan open kitchen mereka.

Untuk menu makanan, Kopi Toebroek Djoeanda miliki menu makanan khusus sarapan. Makanan yang ringan, ada Roti Djoeroeh Nangka, Pisang Bakar dan Sanggar Djoeanda, Roti Teloer Kampoeng, Tape Panggang Kedjoe Manis, Tjireng Sambal Roedjak, Singkong Goreng Sambal Teri, dan Lempeng Bandjar. Untuk makanan baratnya, ada Indomie Goreng Rebus Teloer, Djanai Kari Ayam/Daging, Nasi Kari Ayam/Daging, Soep Iga, dan pempek.
Untuk makanan secara umumnya, ada Nasi Lemak, Mie Goreng Djoeanda, Soto, Ketoprak Betawi, Nasi Goreng, Teloer Tjeplok Raos, dan lain-lain.

Minumannya sendiri, banyak banget nih Madoe Lemon, Bandrek, Es Klepon,Poetri Letjie,Teh Tarik Melayoe, Sari Sereh Djahe, Kopi Soesoe Sangrai,Teh Bandrek.

Varian harga pun secara umum dari 18k hingga 50k !

5. Wangsakaya
Kedai Kopi Wangsakaya ini berada di Jalan Pangeran Diponegoro, tepatnya satu gedung dengan Rumah Makan Ikan Goreng Cianjur. Keda kopi ini berada di lantai dua.

Sebenarnya, dibandingkan dengan keempat kedai kopi di atas, Wangsakaya tidak terlalu wow untuk desain interiornya. Mereka mengusung tema open space. Ada dua bagian tempat yang bisa kalian gunakan, indoor dan outdoor.

Tetapi menu mereka memang spesialis snack dan minuman tempo doloe. Untuk snack, Wangsakaya menyediakan dua menu. Ada roti dan mantao. Di bagian roti, ada coklat/keju, mentega kaya, mentega gula dan milo. Sedangkan di bagian mantao, ada yang original, isi ayam, isi coklat/keju, dan kaya.

Nah… yang lebih banyak adalah di bagian menu minumannya. Untuk kopi, mereka menyediakan Kopi Teh Wang, Kopi Susu, Kopi C, dan Kopi O. Bagi yang tidak suka kopi, ada Teh Tarik, Teh C, Teh O, Teh Chrysantenum, Milo dan Coklat.

Nggak puas ? Tenang, ada varian menu dimsum. Ada ceker, siomay ayam udang, hakau, gyoza, ekado, lumpia kulit tahu, bakpao pasir emas, siomay beef, dan nugget keju.

So diantara kelima ini, yang mana yang pernah kalian kunjungi Vox dan Voxy ? Jangan lupa ya OOTD kalian biar bisa ngopi cantik dan bisa dishare di sosmed !

Penulis : Tim Vox

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews