Voxnews

Kenalin Yoyok Sudarmanto, Caleg Partai Buruh Samarinda yang Berasal dari Dunia Jurnalistik

Yoyok Sudarmanto, Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, dari Partai Buruh, yang berlatarbelakang Jurnalis.

Caption: Yoyok Sudarmanto, Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, dari Partai Buruh, yang berlatarbelakang Jurnalis.

SAMARINDA – Siapa sebenarnya Yoyok Sudarmanto? Ia adalah salah satu Calon Legislatif (Caleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, yang berasal dari Partai Buruh.

Namun, sebelum terjun ke dunia politik, ia adalah seorang Jurnalis yang bekerja di media online di Kota Tepian, sebutan untuk Kota Samarinda.

Yoyok, begitu ia biasa dipanggil, sudah berkecimpung di bidang jurnalistik sejak tahun 2013. Selain itu, ia juga aktif sebagai Ketua Serikat Buruh Samarinda atau SERINDA, yang merupakan organisasi yang berjuang untuk hak-hak buruh.

Ia lahir di Loa Janan pada tanggal 21 Desember 1986. Ia mengaku memiliki alasan khusus mengapa ia memilih untuk menjadi caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Samarinda. Salah satunya adalah karena ia ingin mendorong terciptanya negara sejahtera atau welfare state.

Menurutnya, saat ini banyak politisi yang cenderung mengabaikan kepentingan kelompok sosial yang rentan, seperti buruh, tani, nelayan, guru honorer, pensiunan, rakyat miskin, dan sebagainya. Mereka hanya dijadikan sebagai objek pencitraan atau sumber suara semata.

Ia mencontohkan beberapa masalah yang dihadapi oleh rakyat, seperti omnibuslaw, upah murah, penggusuran, mahalnya pendidikan, dan lain-lain.

“Banyak elit politik yang tidak membela kepentingan dasar rakyat dan lebih memihak kepada korporasi,” ucap Yoyok saat diwawancarai media ini, pada Rabu (31/1/2024).

Oleh karena itu, ia bertekad untuk terus mengusung aspirasi rakyat jelata dan kelas pekerja, serta mewujudkan negara yang sejahtera.

“Dan menjamin kepastian kepentingan politik rakyat miskin,” tambahnya.

Inilah Biodata singkat Yoyok Sudarmanto:

Nama: Yoyok Sudarmanto Ttl: Loa Janan, 21/12/1986

Pendidikan:
* SD 014 Jalan Pirus, Kelurahan Bugis Samarinda
* SMP 22 Samarinda Jalan Pahlawan
* SMU Kesatuan 1 Samarinda lulusan 2005

Pengalaman Organisasi:
* OSIS
* LMND – PRM/Pembebasan
* Aliansi Jurnalis Indonesia
* Serikat Buruh Samarinda/FSBPI/KPBI
* Serikat Pekerja Lintas Kapal

Kesukaan:
* Mendengarkan musik
* Membaca Buku
* Menulis
* Traveling

Motivasi Caleg:
* Membawa aspirasi rakyat jelata dan kelas pekerja
* Mewujudkan negara yang sejahtera
* Menjamin kepastian kepentingan politik rakyat miskin

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews