Voxnews

Dampingi Presiden Resmikan Terminal Samarinda Seberang, Walikota: Sarana Publik yang Nyaman dan Berguna

Peresmian Jalan Merdeka-Sambutan Walikota Andi Harun.(Yahya/VoxNews)

Caption: Peresmian Jalan Merdeka-Sambutan Walikota Andi Harun.(Yahya/VoxNews)

SAMARINDA – Terminal Samarinda Seberang yang terletak di Baqa, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Rabu (28/2/2024). Dalam acara peresmian tersebut, Wali Kota Samarinda Andi Harun berkesempatan mendampingi Jokowi.

Terminal ini merupakan Terminal Tipe A yang menjadi fasilitas transportasi publik yang menghubungkan Samarinda dengan Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui jalur Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kepada awak media, Andi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pembangunan Terminal Samarinda Seberang. Ia menilai, terminal ini telah mengalami peningkatan yang signifikan, lebih tertata, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita patut bersyukur karena terminal kita sekarang telah mengalami peningkatan yang signifikan, lebih tertata, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat,”katanya.

Mengutip dari pesan Jokowi, Andi berharap agar terminal baru ini dapat dipelihara dan diurus oleh pemerintah dan masyarakat Kota Tepian secara bersama-sama. Hal ini bertujuan agar fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal dan dapat mengurangi kemacetan dan polusi.

Andi Harun juga menekankan agar terminal ini selalu bersih dan rapi serta terbebas dari tindakan premanisme yang dapat meresahkan pengguna terminal.

“Kita mengharapkan Terminal ini dapat selalu menjadi fasilitas publik yang nyaman untuk transportasi masyarakat dan juga dapat berkolaborasi dengan UMKM,”harapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu, menjelaskan bahwa proyek Terminal Samarinda Seberang ini merupakan tindak lanjut dari presiden. Mengingat, Kota Samarinda merupakan daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan untuk mendukung aglomerasi Ibu Kota Nusantara (IKN). Kita tidak mau seperti Kota Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) yang kemacetannya luar biasa,” ucapnya. (Adv/Diskominfo Samarinda)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews