Voxnews

Cintai Bumimu Dengan Go Green

Ilustrasi Go Green. (Istimewa)

Caption: Ilustrasi Go Green. (Istimewa)

Hai Vox and Voxy! Kalian tahu nggak kalau 21 Februari ini diperingati Hari Peduli Sampah Nasional ? Semakin tahun, jumlah sampah kita tuh semakin bertambah. Ada sampah yang bisa terurai dan ada yang tidak bisa. Sampah yang tidak terurai ini akan menjadi masalah ke depannya.

Karena lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) semakin overkapasitas. Kalau terus dibiarkan, mau dikemanakan tuh sampah ? Lama kelamaan lingkungan kita jadi tidak bersih hingga polusi bau yang tidak terbendung.

Pada Tahun 2020 saja, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencarat ada 68,5 juta ton sampah nasional. Apalagi tahun ini ya.

Sebagai Vox and Voxy yang cinta dengan bumi dan masa depan, sudah waktunya kita untuk mengubah gaya hidup kita dengan prinsip go green. Go green ini menjadikan gaya hidup menjadi lebih Eco-friendly atau ramah lingkungan.

Ada 3 prinsip utama dari Go Green yakni :

1. Reduce

Reduce merupakan aksi penghematan sumber daya energi yang juga dapat berarti pengurangan pemakaian benda tertentu untuk mengurangi produksi sampah

2. Reuse

Reuce merupakan tindakan memanfaatkan kembali barang-barang lama. Kalau barang kalian masih berfungsi baik, maka bisa dimanfaatkan lagi sebaiknya

3. Recycle

Recycle artinya mendaur ulang lagi sebuah barang sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Barang-barang yang bisa diatur ulang biasanya merupakan barang bekas yang sebenarnya sudah dianggap sampah

Caranya gampang kok ! Ini dia beberapa hal yang perlu kalian untuk bisa mengurangi sampah dan mencintai bumi lebih baik lagi.

– [ ] Hemat Energi dan Kurangi Plastik Dari Rumah

Caption: Ilustrasi Hemat Energi. (Istimewa)
Caption: Ilustrasi Hemat Energi. (Istimewa)

Gaya hidup Go green ini bisa kalian mulai dari rumah. Kalian bisa mematikan listrik kalau tidak digunakan lagi. Seperti AC dan lampu di kamar, kalau sudah nggak dipakai ya dimatikan.

Hemat air juga wajib. Ketika air sudah ditampung dan cukup, jangan di boros-borosin ! Kalau kemarau, air terbatas, kalian kesusahan tuh cari air bersih.

Sampah plastik juga menjadi hal yang penting. Sebisa mungkin kurangi plastik ya ! Karena plastik merupakan sampah yang paling susah untuk diurai.

– [ ] Pakai Transportasi Ramah Lingkungan dan Transportasi Umum

Caption: Iustrasi Kendaraan Listirk.(Istimewa)
Caption: Iustrasi Kendaraan Listirk.(Istimewa)

Kalau kalian punya banyak duit, gimana kalau kalian sekarang beralih menggunakan kendaraan berbasis baterai atau dikenal kendaraan listrik ? Dengan menggunakan kendaraan ini, akan mengurangi polusi asap dari kendaraan dan menghambat stok bahan bakar minyak (BBM) yang berasal dari fosil.

Kalau masih belum cukup uangnya, kalau kalian mau ke warung dekat rumah mending jalan kaki atau menggunakan sepeda. Kan tidak perlu mengeluarkan uang! Bahkan kalian berolahraga.

Kalian juga bisa melakukan perjalanan dalam lot melalui transportasi umum. Seperti angkot maupun bus. Lebih hemat, nggak capek, dan berbagi rezeki hehe.

– [ ] Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Caption: Sedotan Stainless Steel.
Caption: Sedotan Stainless Steel.

Ada banyak produk ramah lingkungan yang kalian bisa pakai dan dibawa kemana-mana. Contohnya kalau kalian mau ngopi, bawa saja sedotan berbahan Stainless Steel. Kalau mau belanja, menggunakan tas belanja kain. Kalau minum, mending bawa air dari rumah menggunakan tumblr.

Nah… hal-hal simpel ini semoga menjadi langkah awal kalian untuk mengubah gaya hidup kalian menjadi Go green !

Penulis : Tim Vox

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews