Voxnews

10 Ribu Langkah Setiap Hari, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Foto: Ilustrasi hidup sehat 2024.

Caption: Foto: Ilustrasi hidup sehat 2024.

Hai Vox and Voxy ! Dengan bergantinya tahun dari 2023 ke 2024, kita mulai dengan merubah pola hidup yang sehat yuk! Salah satunya olahraga. Memang sih ngegym, zumba, yoga lagi hype banget ! Tapi kalau kita yang kaum pekerja di bawah UMR gimana dong ?

Tenang… ada kok olahraga yang tepat buat kita-kita yang uangnya terbatas. Bahkan, olahraga ini nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Yaitu, jalan kaki dengan jumlah 10 ribu langkah !

Vox and Voxy jalan kaki dengan jumlah 10 ribu itu akan memberikan berbagai manfaat loh buat kesehatan. Yuk cek !

Melalui laman Verry Well Fit, kalau kalian melakukan 10 ribu langkah per hari akan membberikan manfaat, tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental.

1. Organ Vital Terjaga Dari Risiko Penyakit

Karena jalan kaki merupakan bentuk pelatihan kardiovaskular, maka dengan jalan kaki bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Jadi bisa menurunkan risiko beberapa penyakit dan semua penyebab kematian.

Kalau kalian berjalan kaki dengan kecepatan tinggi pun, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, bisa menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat, serta menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

2. Otot dan Tulang Semakin Kuat

Latihan menahan beban seperti berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan tulang dan berpotensi meningkatkan kepadatan tulang bila dilakukan dengan kecepatan tinggi secara konsisten dalam jangka waktu lama dibandingkan dengan tidak banyak bergerak.

Namun, perlu dicatat bahwa penguatan tulang yang lebih besar bisa diperoleh dengan berpartisipasi dalam pelatihan ketahanan ini dan mengonsumsi makanan tinggi vitamin, mineral, dan protein.

3. Fisik Terjaga, Mental pun Semakin Sehat

Tahu nggak Vox and Voxy? Jalan kaki itu terbukti membantu mengurangi gejala depresi dengan berjalan kaki di luar ruangan. Apalagi kalau kalian jalan kaki di ruang terbuka hijau.

Berjalan kaki juga bisa menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Sehingga bisa menghasilkan suasana hati yang lebih positif dn meningktkan kesehatan mental secara keseluruhan.
Mungkin berjalan kaki terlihat olahraga yang remeh dan nggak ada pengaruhnya, tetapi kalau Vox and Voxy bisa konsisten melakukannya, yakin deh ada kok hasilnya ! Asalkan dibarengi dengan pola makan dan pola tidur yang baik ya !

Penulis : Tim Vox

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews