Voxnews

DPRD Kaltim Minta Pemprov Buka Beasiswa Khusus Santri di Luar Negeri

Foto: Akhmed Reza Fachlevi, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Akhmed Reza Fachlevi, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Akhmed Reza Fachlevi, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, meminta Pemprov Kaltim turut memberikan beasiswa kepada pelajar santri di luar negeri.

Meskipun begitu, Reza mengapresiasi realisasi Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) sejak 2019 hingga 2023. Diketahui total penyaluran BKT mencapai angka Rp 1,27 triliun dengan penerima manfaat beasiswa sebanyak 213.031 orang.

Dengan anggaran yang besar itu, Reza menegaskan pemprov perlu memperhatikan pelajar asal Kaltim yang saat ini menempuh pendidikan di Mesir, Yaman, dan beberapa negara lainnya.

“Saat ini kan beasiswa formal saja. Di luar daripada itu belum pernah dapat, tapi pada saat rapat ada beberapa alumni dari Al Azhar Kairo dan Hadramaut Yaman,” kata Reza, Sabtu (4/11/2023).

Pengajuan beasiswa ini merupakan upaya DPRD Kaltim mengayomi peserta didik yang sedang belajar di luar negeri dengan memberikan fasilitas tempat tinggal.

Menurutnya, hal ini juga diterapkan oleh beberapa daerah lain di Indonesia.“Adanya rumah mahasiswa atau asrama bagi santri atau ustadz/ustadzah yang dikirim belajar di sana, beda dengan Kalsel dan Jawa sudah ada, sementara Kaltim belum,” jelasnya.

Ia memaparkan jumlah santri yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri sekitar 150 orang.

“Semoga bisa ditindaklanjuti Pemprov Kaltim ke depan. Saya berharap Pj Gubernur ataupun Gubernur terpilih dijadikan program,” tegasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews