Voxnews

Yuk, Aktifkan IKD di Kukar dan Nikmati Berbagai Kemudahannya

Foto: Aplikasi IKD.

Caption: Foto: Aplikasi IKD.

TENGGARONG – Identitas Kependudukan Digital (IKD) adalah aplikasi canggih yang dapat menyimpan data kependudukan Anda seperti KTP, KK, NPWP, Sertifikat Vaksin Covid-19, dan lain-lain.

Dengan IKD, Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa dokumen fisik. Anda juga tidak perlu khawatir data Anda bocor, karena IKD dilindungi dengan verifikasi wajah dan PIN. Selain itu, Anda juga bisa mengakses data kependudukan, kesehatan, kendaraan, dan pemilu dengan mudah.

Cara aktivasi IKD sangat gampang. Anda tinggal download aplikasi IKD di PlayStore. Lalu, masukkan NIK, email, nomor ponsel, verifikasi wajah, dan scan QRCode. Setelah itu, cek email dan klik tombol AKTIVASI. Masukkan kode aktivasi dan Captcha, lalu klik AKTIFKAN. Buka aplikasi IKD dan masukkan PIN. Ubah PIN default dengan PIN baru.

Aktivasi IKD gratis, lho. Anda cuma perlu bawa gadget android atau IPhone.

Di Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) lagi semangat-semangatnya mempercepat aktivitas IKD dengan target 20 ribu.

“Karena kesadaran masyarakat ini kan masih kurang, jadi kita harus langsung turun ke lapangan untuk jemput bola,” kata Kepala Disdukcapil Kukar, M Iryanto, Senin (30/10/2023).

Iryanto bilang, layanan aktivasi IKD juga ada di kantor Disdukcapil, Mal Pelayanan Publik, dan kantor kecamatan. Seluruh operator kecamatan sudah siap untuk aktivasi IKD.

“Karena masih ada blankspot di Kukar, pencetakan KTP fisik masih dilakukan. Namun KTP fisik akan segera digantikan denga IKD,” pungkasnya. (ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews