Voxnews

Semarakan Erau, Puluhan Pebalap Adu Cepat Dalam Lomba Balap Ketinting

Foto : Para pebalap saat beradu cepat memacu ketinting.

Caption: Foto : Para pebalap saat beradu cepat memacu ketinting.

TENGGARONG – Puluhan pebalap dari berbagai kota di Kalimantan Timur (Kaltim) ikuti lomba balap ketinting yang digelar oleh Persatuan Olahraga Ketinting (POK) Kutai Kartanegara (Kukar) di Perairan Sungai Mahakam Kota Tenggarong, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan Erau adat pelas benua ini dibuka langsung oleh Asisten I Sekretariat Kabupaten (SetKab) Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, yang mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah.

Perlombaan ini pun menyedot perhatian masyarakat yang memadati kawasan tepian Sungai Mahakam. Mereka antusias menyaksikan para pembalap unjuk kebolehan dalam beradu cepat mengemudikan ketinting.

Selain digelar untuk memeriahkan Erau, lomba balap ketinting ini juga merupakan ajang menyalurkan hobi dan bakat. Para pecinta balap ketinting yang ada di Kaltim khususnya Kukar, mengingat banyak masyarakat yang sangat menggilai olahraga ini.

Aksi-aksi para pebalap saat unjuk kebolehan dalam membelah derasnya ombak Sungai Mahakam, menuai sorak-sorai dari para penonton yang sejak pagi memadati kawasan tersebut.

Dalam sambutan Bupati Kukar yang dibacakan oleh Taufik, ia turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini.

Ditambahkannya, rentetan kegiatan yang digelar oleh semua pihak. Dalam rangka menyemarakkan agenda perhelatan seni budaya dan adat istiadat Kutai, Erau adat pelas benua. Merupakan wujud nyata komitmen dan partisipasi seluruh masyarakat Kukar dalam mendorong pertumbuhan pariwisata di Kukar.

“Ini diharapkan menjadi ikon pembangunan pariwisata di Kukar yang mendunia. Khususnya untuk memeriahkan acara erau yang dapat menghibur Masyarakat dan wisatawan,”ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini memperlombakan dua kelas balap. Yaitu kelas bebas 500 cc dengan jumlah 38 peserta, dan Kelas 7,5 hp piston dengan jumlah 37 peserta.Total pebalap sebanyak 75 orang.

Taufik berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dengan aman dan sukses menghibur masyarakat. Serta mampu memberikan dampak ekonomi para pelaku UMKM yang berjualan di sekitar area lomba.

“Terakhir saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta,” tutupnya.(ADV/Diskominfo Kukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews