Voxnews

Pemkab Kukar Dapat “Kantong” Komitmen Pengembangan Hilirisasi Sektor Pertanian oleh Kemenkop-UKM

Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah saat menjamu rombongan Kemenkop-UKM (Istimewa)

Caption: Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah saat menjamu rombongan Kemenkop-UKM (Istimewa)

TENGGARONG – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM) RI bakal dampingi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam pembangunan dan pengembangan hilirisasi sektor pertanian.

Komitmen ini disampaikan langsung oleh Deputi Bidang UKM, Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman dalam kunjungannya ke Kukar, belum lama ini.

Bupati Kukar, Edi Damansyah menyambut secara langsung robongan Kemenkop-UKM di Rumah Jabatan Bupati Kukar, Pendopo Odah Etam.

Dalam jamunya, Edi meminta secara langsung agar Kemenkop-UKM dapat membantu Pemkab Kukar dalam membangun pabrik industri rumput laut yang terletak di Kecamatan Muara Badak dan pengembangan Pabrik Tepung Jahe dan Minyak Atsiri yang ada di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

“Untuk pabrik rumput laut di Muara Badak, pengadaan mesinnya sendiri saat ini memasuki proses lelang, untuk itu saya meminta pendampingan dari Kemenkop-UKM,”ujarnya.

Dibangunnya dua pabrik ini diharapkan mampu membawa kesejahteraan kepada para petani setempat, serta mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan. Sehingga dengan adanya pendampingan langsung dari Kemenkop-UKM, diharap mampu memberikan dorongan akselerasi pengembangan hilirisasi produk pertanian di Kukar.

Permintaan ini kemudian direspon dengan positif oleh Hanung, yang menyatakan siap membantu dan mendampingi Pemkab Kukar, dalam proses pembangunan dan pengembangan pabrik di dua kecamatan itu.

Dukungan ini diberikan, agar program yang dijalankan Pemkab Kukar dapat berjalan dengan baik. Mengingat program Pemkab Kukar pun sejalan dengan Kemenkop-UKM, yaitu dalam hilirisasi untuk merangkul seluruh pelaku UMKM di daerah.

“Kemenkop-UKM siap membantu apa yang diinginkan pemkab Kukar, saya akan mengutus tim nantinya untuk melakukan pendampingan,”kuncinya.(ADV/Diskomimfo Kukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews