Voxnews

Sebagai Penunjang Prestasi, DBON Kaltim Usulkan Pengadaan Sport Science

Foto: Ketua Pelaksana Sekretariat DBON Kaltim, Zairin Zain.

Caption: Foto: Ketua Pelaksana Sekretariat DBON Kaltim, Zairin Zain.

SAMARINDA – Kurangnya fasilitas olahraga sebagai penunjang peningkatan prestasi atlet yang ada di Benua Etam, membuat Desain Besar Olahraga Nasional Provinsi Kalimantan Timur (DBON Kaltim) untuk melakukan usulan pengadaan Sport Science ke Gubernur Kaltim pada tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh Ketua Pelaksana Sekretariat DBON Kaltim, Zairin Zain. Dimana saat ini, diketahui hanya ada 4 daerah yang memiliki Sport Science, diantaranya yakni Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Semarang.

“Mudah-mudahan kalau ini (sport science) ada, kita lengkap. Satu-satunya alat sport science di Kalimantan Timur nantinya,” ucap Zairin.

Sport science merupakan penerapan berbagai ilmu pengetahuan seperti ilmu kepelatihan, biomekanika, motor control dan motor development, psikologi, nutrisi dan masih banyak lagi.

“Dimana kelemahan dia, dimana keunggulan dia,” ujarnya.

Zairin pun memberikan contoh seperti cabor bulu tangkis. Saat atlet tersebut di tes melalui sport science, ia memiliki postur tubuh yang tinggi tetapi tidak memiliki kekuatan/power. Apabila atlet tersebut dipertahankan, hingga di Pra PON dipastikan gugur.

Pengadaan sport science ini sangat penting agar pembinaan atlet tidaklah sia-sia. Zairin berharap rencana tersebut terealisasi sesegera mungkin, sehingga bisa berkolaborasi dengan Dispora Kaltim sebagai pemangku kebijakan olahraga di kepemerintahan Bumi Etam. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews