Voxnews

Proyek Ambisius Tabang, Jalan Penghubung Umaq Dian-Muara Pedohon Harapan Baru Masyarakat

Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat.

Caption: Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat.

TENGGARONG – Dalam upaya monumental untuk mengubah wajah infrastruktur di Kecamatan Tabang, proyek strategis pembangunan jalan penghubung antara Desa Umaq Dian dan Desa Muara Pedohon tengah berjalan, dengan target penyelesaian di penghujung tahun ini.

Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat, menyatakan bahwa proyek pembetonan jalan sepanjang satu kilometer dari Muara Pendohon menuju Desa Umaq Dian, yang telah dianggarkan pada tahun anggaran 2024, siap memasuki fase eksekusi.

“Inisiatif ini dirancang untuk mengisi kekosongan dalam anggaran perubahan,” ujar Rakhmadani.

Lebih dari sekadar penghubung, jalan ini merupakan arteri penting yang mendukung keberlangsungan ekonomi dan sosial masyarakat Tabang. Saat ini masih berwujud soil cement, namun dengan dana tahun 2024 atau melalui anggaran perubahan, diharapkan dapat sepenuhnya terkonversi menjadi beton.

Dengan panjang total mencapai 33 kilometer, sebagian dari jalan utama ini telah dibeton, sementara sisanya menantikan transformasi dari soil cement menjadi beton yang lebih permanen.

Kecamatan Tabang berkomitmen untuk terus berdialog dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), mempertimbangkan urgensi peningkatan ini, terutama mengingat kondisi tanah yang labil dan rentan terhadap kerusakan.

“Peningkatan infrastruktur ini tidak hanya tentang aksesibilitas, tetapi juga tentang mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Ada harapan besar yang tersemat pada proyek ini untuk membuka akses yang lebih luas antar desa, yang tidak hanya akan memudahkan perdagangan, tetapi juga memperkaya pertukaran budaya. Ini adalah bagian dari visi Kecamatan Tabang untuk meningkatkan standar hidup warganya, dengan dukungan yang kuat dari Pemkab Kukar.

“Kami berharap, dengan terlaksananya proyek ini, akan ada angin segar yang membawa kemajuan bagi semua warga Kecamatan Tabang,” pungkasnya. (Adv/Diskominfokukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews