Voxnews

Sutomo Jabir Dorong Percepat Program Pemanfaatan Lubang Tambang di Bontang

Foto: Sutomo Jabir, Anggota Komisi III DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Sutomo Jabir, Anggota Komisi III DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Sutomo Jabir, Anggota Komisi III DPRD Kaltim, meminta program pemanfaatan lubang bekas tambang jadi sumber air bersih segera dilakukan. Khususnya di Kutim dan Bontang.

Dengan dimanfaatkannya lubang tambang jadi sumber air bersih disebut bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Kecamatan Teluk Pandan (Kutim) dan Bontang.

Proyek pemanfaatan kawasan bekas tambang sudah masuk dalam anggaran untuk membuat pipa-pipa distribusi air bersih pada tahun anggaran 2024.

“Kami harap perusahaan tambang yang kolam pasca tambang dipakai untuk air bersih, juga menyiapkan intake-nya,” kata Sutomo Jabir.

“Dalam artian, pemerintah yang akan membuat pipa distribusi sampai ke Bontang dan ke Kutai Timur dan sebagainya. Dan itu tahun depan mudah-mudahan sudah mulai berjalan,” lanjutnya.

Anggota Fraksi PKB DPRD Kaltim itu mengaku sudah survei dan uji coba terhadap kualitas air dari lubang bekas tambang tersebut. Dia mengklaim bahwa PH air tersebut bagus dan bisa langsung diminum.

“PH-nya bagus, sudah diteliti, sudah aman dikonsumsi untuk minum. Jadi sepertinya tak perlu dikhawatirkan lagi,” tuturnya.

Sementara, distribusi instalasi pengolahan air (IPA) yang ada di Marangkayu, menurutnya, juga sedang diperbaiki dan dibangun. Sutomo berharap distribusi pengolahan air bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews