Voxnews

Perumdam Tirta Kencana Samarinda Berupaya Capai Layanan Air Bersih 100 Persen di 2025

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Yah/VoxNews)

Caption: Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Yah/VoxNews)

SAMARINDA – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengungkapkan upaya yang sedang dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan air bersih di kota. Dalam acara Halalbilhalal dan perayaan ulang tahun ke-50 Perumda Tirta Kencana Samarinda pada Kamis, (18/4/2024).

Andi Harun memberikan penghargaan atas kemajuan yang telah dicapai oleh PDAM Tirta Kencana dalam menyediakan air bersih, namun juga mengakui bahwa masih ada ruang untuk perbaikan berdasarkan keluhan yang diterima dari warga.

“Kami fokus pada penyelesaian masalah air bersih, dengan rencana pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) baru, terutama di wilayah Samarinda Utara,” kata Andi Harun.

Dia menyoroti peningkatan signifikan dalam kinerja PDAM, baik dalam layanan maupun finansial. “Di tahun 2023, PDAM mencatat keuntungan lebih dari 600 miliar rupiah, dan kami telah melihat peningkatan dalam layanan yang kami berikan,” lanjutnya.

Meski ada keluhan, Andi Harun menegaskan komitmen bersama antara pemerintah kota dan PDAM Tirta Kencana untuk menangani masalah tersebut secara bertahap.

Mengenai cakupan layanan air bersih, Wali Kota menyatakan, saat ini berada di angka 73% dan masih perlu menutup gap sebesar 27%. Targetnya adalah mencapai cakupan layanan 100% pada tahun 2025.

“Kami berharap bisa mencapai sekitar 85% hingga 90% tahun ini, dan akan terus bekerja untuk mencapai target penuh,” sebutnya.

Andi Harun juga menekankan bahwa tantangan terbesar adalah pendanaan, khususnya untuk pembangunan IPA yang memerlukan investasi besar.

“Dengan dukungan dari APBD kota dan PDAM, kami yakin dapat mengatasi tantangan finansial ini dan meningkatkan layanan air bersih bagi semua warga Samarinda,” ujarnya.

Dengan komitmen kuat dari pemerintah kota dan PDAM, diharapkan layanan air bersih di Samarinda akan terus berkembang dan memenuhi standar yang diharapkan oleh masyarakat di masa depan. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews