Voxnews

Pembangunan TPI di Sungai Meriam Beri Dampak Besar

Kepala DPK Kukar, Muslik. (Istimewa)

Caption: Kepala DPK Kukar, Muslik. (Istimewa)

TENGGARONG – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kutai Kartanegara (Kukar), Muslik, sangat antusias dengan produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya yang melonjak.

Selain tingkat produksi di sektor perikanan melonjak jauh, pria yang kerap disapa Muslik juga sangat bangga, karena adanya pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Sungai Meriam.

TPI Sungai Meriam yang sedang dalam proses pembangunan, merupakan pasar yang biasanya terletak di dalam pelabuhan atau pangkalan pendarataan ikan, dan tempat tersebut menjadi transaksi penjualan ikan baik secara lelang maupun tidak, hasil tangkapan para nelayan di laut.

“Inisiatif ini diharapkan akan menjadi katalis yang mendorong perputaran ekonomi di sektor perikanan Anggana,” terang Muslik.

“Bukan hanya itu saja, fasilitas tersebut memberikan para nelayan akses secara langsung ke pasar yang lebih luas dan efisien,” sambungnya.

Maka dari itu, ia menyampaikan target selanjutnya yaitu meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan di Kecamatan Anggana, Sungai Meriam.

Langkah ini dirasakan oleh industri ikan yang berada di garis terdepan dari meningkatnya produksi, hingga manfaat ekonomi dirasakan secara langsung.

“kami berharap dapat meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan. Ini bukan hanya tentang infrastruktur, tetapi juga tentang memperkuat komunitas nelayan dan pembudidaya ikan di Anggana,” tutupnya. (Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews