Voxnews

Lolos Pra PON, Sambo Kaltim Upayakan TC Sebelum Puslatda

Foto: tim kontingen Sambo Kaltim.

Caption: Foto: tim kontingen Sambo Kaltim.

SAMARINDA – Dari puluhan atlet yang diberangkatkan, Pengprov Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kaltim berhasil meloloskan atletnya dengan penampilan apik serta maksimal dalam ajang babak kualifikasi (BK) PON yang usai terselenggara pada 30 Oktober 2023 belum lama ini, di Jakarta.

Sambo Kaltim pada ajang tersebut berhasil mengoleksi setidaknya 4 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu. Sementara, ada 4 orang yang lolos Pra PON di luar zona medali. Hanya saja pada PON XXI/2024 nanti, Kaltim akan mengikuti 13 kelas yang dipertandingkan.

“Mudah-mudahan kita bisa lebih banyak lagi dari ini emasnya, tidak muluk-muluk tapi kita belum tahu target dari ketua berapa. Karena nanti lihat kondisi kita selama persiapan ini.”

“Mungkin ada mudah-mudahan kita dapat try out keluar kalau target belum ada, nanti dari ketua menyampaikan itu,” ucap Riyandi Febrico, pelatih Sambo Kaltim saat ditemui Selasa (31/10).

Kemudian, pria yang akrab disapa Rico itu menjelaskan bahwa Pengprov Persambi Kaltim akan melakukan rapat untuk membahas pematangan persiapan menghadapi PON nanti dengan diawali evaluasi hasil Pra PON.

“Rencana kami pulang ini evaluasi semua hasil pertandingan, kita rapat Pengprov, kemungkinan latihan kita terus berlanjut karena waktu ada selama 6 bulan sebelum PON. Ya kemungkinan kita sudah persiapan duluan karena 6 bulan itu kurasa tidak cukup buat program nanti,” katanya Rico menjelaskan.

Melalui rapat tersebut juga, nantinya akan mencapai kesepakatan untuk membuat program latihan mandiri sebelum memasuki masa persiapan khusus atau pemusatan latihan daerah (Puslatda) KONI Kaltim.

“Kemungkinan pulang ada rapat pengurus, terus kita lanjut entah pemanggilan Pengcab-Pengcab yang lolos atletnya, tapi program harus tetap jalan,” ujarnya.

Pra PON Sambo yang bersifat kejuaraan nasional itu, Kaltim menempati peringkat 2 dibawah Jawa Barat. Di mana prestasi membanggakan tersebut perlu diapresiasi, sebab ada 15 daerah dibawah Benua Etam.

Prestasi cabor-cabor yang sudah meraih medali di Pra PON, tentu saja tak lepas dari sorotan Dispora Kaltim yang mendukung KONI agar bisa sukses meraih target di PON yang akan datang. (Er/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews