Voxnews

Lahan Pasca Tambang di Sangasanga Bakal Jadi Kawasan Peternakan Sapi

Foto: Ilustrasi eks tambang

Caption: Foto: Ilustrasi eks tambang

TENGGARONG – Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tidak menyia-nyiakan lahan pasca tambang yang ada di wilayahnya. Kecamatan yang memiliki keunggulan di bidang peternakan sapi ini merencanakan untuk mengubah lahan pasca tambang menjadi kawasan peternakan.

Hal ini diutarakan oleh Camat Sangasanga, Dachriansyah, yang mengatakan bahwa rencana ini sudah dalam tahap perencanaan. Ia mengatakan, ini adalah bentuk dukungan kecamatan tersebut terhadap pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kukar sebagai mitra IKN harus bersiap. Dan di Sangasanga yang unggul di peternakan sapi harus merencanakan persiapan untuk menjadi daerah penghasil daging bagi IKN,” ungkapnya, Sabtu, (28/10/2023).

Dachriansyah menyebutkan, rencana ini akan bermitra dengan pihak swasta yang ahli di bidang peternakan. Ia mengacu pada PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) yang telah menunjukkan bahwa lahan pasca tambang bisa dijadikan kawasan peternakan di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Lahan pasca tambang yang akan dijadikan kawasan peternakan terdapat di Kelurahan Sangasanga Muara, Sangasanga Dalam dan Kelurahan Pendingin. Dachriansyah menginginkan, rencana ini bisa terlaksana setelah 2025.

“Ini komitmen Sangasanga bisa menjadi pemasok kebutuhan daging bagi Kaltim dan IKN,” tandasnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews