Voxnews

Komisi II Minta Pemkot Samarinda Tingkatkan Kreativitas dan Daya Saing UMKM

Laila Fatihah saat diwawancarai (Yahya/Voxnews)

Caption: Laila Fatihah saat diwawancarai (Yahya/Voxnews)

SAMARINDA – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Samarinda perlu mendapatkan dukungan dan bimbingan untuk bisa bersaing dan berinovasi. Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah.

Menurut Laila, peran pemerintah dan swasta sangat penting dalam memberikan bantuan kepada pelaku UMKM. Karena masih banyak UMKM yang mengalami kesulitan dalam memenuhi persyaratan untuk mengikuti event besar.

“Perizinan usaha, sertifikat halal, dan pajak menjadi kendala, sehingga mereka berharap ada bantuan dari pemerintah atau sektor swasta,”kata Laila.

Ia menyarankan agar ada pendampingan dalam hal perizinan, perpajakan, dan pengembangan usaha dengan mendorong penggunaan platform digital, seperti e-katalog, untuk memudahkan pemasaran online bagi pelaku UMKM.

Strategi lain yang ditawarkan adalah mengikuti event pemerintah atau swasta untuk memperkenalkan produk dan mendapatkan umpan balik dari masyarakat.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Samarinda, Muslimin menyatakan komitmennya untuk mendukung UMKM dengan menyediakan tempat berjualan di Alun-Alun Samarinda.

“Meskipun pembangunan Alun-Alun belum sepenuhnya rampung, nanti kita akan menjadikan kawasan tersebut sebagai ruang publik yang nyaman untuk pelaku UMKM,” ujarnya.

Ia mengharapkan, Alun-Alun Samarinda menjadi sentra kuliner dan kebudayaan, dengan fasilitas yang mendukung perkembangan usaha UMKM dan kesejahteraan masyarakat sekitar. (Adv/DPRD Samarinda)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews