Voxnews

Komisi II Dukung Kantor Dispora Kaltim Lama Disulap Jadi Museum Olahraga

Foto: Kantor Dispora Kaltim bakal jadi museum olahraga.

Caption: Foto: Kantor Dispora Kaltim bakal jadi museum olahraga.

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim mengusulkan gedung kantor yang lama disulap menjadi museum olahraga. Usulan ini mengemuka usai adanya rencana pemindahan aktivitas Dispora Kaltim ke Kaderie Oening Tower di Kompleks Gelora Kadrie Oening Sempaja, Samarinda.

Usulan itu disambut baik Nidya Listiyono, Ketua Komisi II DPRD Kaltim. Menurutnya pencanangan museum olahraga akan memperkaya potensi pariwisata, ekonomi dan ruang rekreasi di Kota Tepian.

Museum ini nantinya juga bisa menjadi tempat penyimpanan penghargaan yang pernah diraih Bumi Mulawarman.

“Saya pikir, harapannya supaya banyak pengunjung yang datang ke sana,” kata Nidya Listiyono.

Selain itu, Nidya Listiyono juga memperkirakan jika Hotel Atlet Samarinda juga dialihfungsikan, maka di kawasan tersebut akan sangat ramai dan meningkatkan perputaran ekonomi.

Alasan untuk memberi dukungan terhadap transformasi ini tidak hanya berasal dari aspek budaya dan pariwisata. Ada pula aspek ekonomi yang tidak boleh diabaikan.

Nidya Listiyono menegaskan jika di sekitar kompleks Gelora Kadrie Oening, termasuk hotel Atlet, juga dialihfungsikan, maka area ini akan menjadi pusat aktivitas dan hiburan yang ramai.

Dengan demikian, perputaran ekonomi di sekitar area ini akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kompleks Gelora Kadrie Oening telah menjadi tempat favorit bagi masyarakat Samarinda. Terutama pada pagi dan sore hari. Banyak warga yang menggunakan kompleks ini untuk berolahraga, seperti jogging dan berbagai kegiatan rekreasi.

Transformasi Kantor Dispora menjadi museum akan semakin memperkaya kehidupan sosial masyarakat.“Di sana itu ada potensi sebagai pusat aktivitas dan hiburan yang ramai,” ungkap Nidya Listiyono.

Nidya Listiyono menyatakan, dengan perencanaan yang matang dan konsep yang tepat, museum ini bisa menjadi daya tarik utama bagi warga lokal dan wisatawan.

“Namun, Pemprov Kaltim perlu belajar dari museum-museum yang sudah ada di Kota Samarinda, seperti Museum Di Taman Samarinda dan Museum Samarinda Seberang agar museum ini tidak menjadi tempat yang tak bermakna,” tegasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews