Voxnews

Kolaborasi Tiga OPD Kukar Meningkatkan Kualitas Data, Saiful Bahri: Menggarisbawahi Pemilihan Data yang Cermat

Foto: Kolaborasi Tiga OPD Kukar.

Caption: Foto: Kolaborasi Tiga OPD Kukar.

TENGGARONG – Pada tanggal 9 Oktober 2023, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar, dan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar bersatu dalam acara Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023.

Acara ini, yang diadakan di Hotel Harris, Kota Samarinda, bertujuan untuk menyelaraskan dan meningkatkan kualitas Satu Data Indonesia (SDI) di tingkat daerah.

Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023 dibuka oleh Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, dan melibatkan kolaborasi intensif antara pembina data, walidata tingkat daerah, waludata pendukung, dan produsen data.

Forum satu data dibentuk untuk menyepakati daftar data yang akurat, dengan walidata memastikan bahwa semua data memenuhi standar SDI.

Saiful Bahri, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kukar, menekankan pentingnya pemilihan data yang cermat.

“Dalam era di mana data merupakan aset berharga, memahami mana data yang relevan adalah kunci dalam pengambilan keputusan yang tepat. SDI bukan hanya tentang pengelolaan data yang efisien, tetapi juga tentang bagaimana kita memilih data dengan cerdas untuk mendukung perencanaan dan kebijakan yang berbasis bukti,” terangnya.

“Dalam konteks ini, kami harus fokus pada data yang mendesak, data yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan data yang diperlukan untuk merumuskan rencana dan anggaran secara akurat,” tambahnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews