Voxnews

Kesulitan Dapatkan Pupuk, Warga Makroman Curhat ke Ananda Emira Moeis

Foto: Agenda Ananda Emira Moeis serap aspirasi warga Makroman Samarinda.

Caption: Foto: Agenda Ananda Emira Moeis serap aspirasi warga Makroman Samarinda.

SAMARINDA – Para petani di Makroman, Samarinda, menyampaikan keluhan terkait kesulitan mendapatkan pupuk ke Ananda Emira Moeis, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Selasa (31/10/2023).

“Rupanya sekarang itu beli pupuk harus pakai kartu. Saya tanya kenapa, katanya harus terdaftar dulu. Tapi banyak yang belum terdaftar,” kata Ananda.

Ananda merasa prihatin dengan prosedur pembelian pupuk yang menyulitkan petani. Menurutnya, pemerintah harus mengetahui para petani sangat bergantung pada pupuk untuk meningkatkan hasil panen.

“Tanpa pupuk, produksi pertanian akan menurun. Ini berdampak pada kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional,” tuturnya.

Menurut Ananda, pemerintah perlu melakukan tindakan konkret untuk mengatasi masalah ini.

Ia menyarankan agar pemerintah menyederhanakan prosedur pendaftaran untuk mendapatkan kartu, memberi pelatihan atau pendampingan kepada para petani, dan memastikan para petani memenuhi syarat untuk mengakses kartu tersebut dengan mudah.

“Kita juga harus meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya mendapatkan kartu ini. Kartu ini bukan untuk menyusahkan, tapi untuk membantu,” jelasnya.

Ananda berharap, dengan adanya kartu yang lebih efisien dan mudah diakses oleh petani, produktivitas pertanian dapat meningkat, kesejahteraan petani dapat terjamin, dan sektor pertanian dapat tumbuh secara berkelanjutan.

“Kartu ini adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada petani sebagai tulang punggung di sektor pertanian. Jadi jangan khawatir, kita akan bantu selesaikan masalah ini,” tegasnya. (adv)

 

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews