Voxnews

Kemeriahan Takbir Keliling di Kutai Kartanegara: Tradisi, Persatuan, dan Hadiah Jutaan Rupiah

Bupati Kukar, Edi Damansyah, lepas takbir keliling. (Istimewa)

Caption: Bupati Kukar, Edi Damansyah, lepas takbir keliling. (Istimewa)

TENGGARONG – Dalam semarak lampu dan gema takbir, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, bersama tokoh-tokoh penting daerah seperti Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Sekda Sunggono, dan Ketua MUI Kukar, Abdul Hanan, mengibarkan bendera start untuk melepas peserta takbir keliling di depan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martapura, Selasa malam (9/4/2024).

Tahun ini, takbiran keliling tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, namun juga kompetisi yang diikuti oleh perwakilan dari setiap kelurahan. Lomba ini menjanjikan hadiah yang menggiurkan, dengan total puluhan juta rupiah untuk para pemenang.

Sebanyak 27 kelompok takbiran beradu kreativitas dalam lomba yang dilepas oleh Bupati Edi Damansyah. Tak hanya peserta lomba, ratusan warga juga turut serta dalam pawai yang dihiasi kendaraan hias dan atraksi tabuh bedug oleh bubuhan Keroan Sempelat Pore.

Dalam sambutannya, Bupati Edi Damansyah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas terlaksananya tradisi yang telah menjadi bagian dari identitas Kutai Kartanegara.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak, kita dapat kembali merayakan takbir keliling yang tidak hanya sebagai tradisi, tapi juga sebagai ajang persaudaraan,” ucap Edi.

Orang nomor satu di Kukar menekankan pentingnya kegiatan ini dalam menjaga persatuan, terutama di tengah perbedaan penentuan awal Ramadhan.

“Ini adalah momen untuk memperkuat tali persaudaraan kita,” ujarnya.

Menteri Agama telah mengumumkan bahwa umat Muslim di seluruh nusantara, termasuk Kutai Kartanegara, akan merayakan Idul Fitri 1445 H pada hari berikutnya, 10 April.

Kendati demikian dirinya juga mengingatkan, pentingnya menjaga nilai-nilai agama dalam kegembiraan takbir keliling.

“Saya berharap panitia dan dewan juri dapat menilai dengan adil, memastikan bahwa nuansa Islami tetap terjaga,” imbuhnya.

“Semoga amal ibadah kita selama Ramadhan dapat terus kita lakukan setiap bulan, dan semoga kegiatan ini dapat menyampaikan pesan suka cita Idul Fitri kepada seluruh masyarakat,” imbuhnya sebagai penutup. (Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews