Voxnews

Isi Materi Kuliah Untuk Mahasiswa Unmul, Seno Aji Sampaikan Etika Politik Cerdas dan Santun

Foto: Seno Aji Wakil Ketua DPRD Kaltim memaparkan materi ke Mahasiswa Unmul.

Caption: Foto: Seno Aji Wakil Ketua DPRD Kaltim memaparkan materi ke Mahasiswa Unmul.

SAMARINDA – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Mulawarman, melakukan kunjungan ke DPRD Kaltim, Jumat (3/11/2023). Puluhan mahasiswa Unmul ini diterima oleh Seno Aji, Wakil Ketua DPRD Kaltim.

Seno Aji berkesempatan mengisi materi kuliah tentang etika berpolitik cerdas dan santun menjelang tahun politik Pemilu dan Pilgub 2024.

“Kami melihat, mereka punya antusiasme yang sangat tinggi terkait politik. Kami jelaskan bagaimana kepemimpinan daerah itu. Kemudian, bagaimana hubungan DPRD dan pemerintah. Itu menumbuhkan semangat baru,” kata Seno Aji.

Kunjungan Mahasiswa Unmul merupakan bagian dari agenda kuliah umum yang digelar DPRD Kaltim.

Tujuannya, anggota legislatif dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang bidang politik dan pemerintahan kepada mahasiswa.

Anggota legislatif daerah pemilihan Kutai Kartanegara itu mengatakan kunjungan mahasiswa FISIP Unmul sudah dijadwalkan sejak 2022 dan baru terlaksana pada tahun ini.

Seno Aji mendorong para mahasiswa agar ikut terlibat politik secara santun, bukan menjelek-jelekkan lawan politik. Dia berharap generasi muda bisa mengisi ruang politik yang diisi sosok baik dan bersih.

“Kalau mereka merasa baik, ya harus terjun, supaya tidak diisi oleh orang-orang kotor. Itu yang saya sampaikan kepada adik-adik mahasiswa,” tegasnya.

Salah seorang mahasiswa FISIP Unmul Muhammad, Alam mengatakan, telah mendapatkan ilmu dari kuliah umum tersebut.

“Banyak hal yang kami pelajari dari kunjungan ke DPRD Kaltim, seperti hubungan kerja parlemen dengan pemerintah provinsi. Kami juga mendapatkan motivasi oleh Seno Aji tentang bagaimana anak muda semestinya ikut berpolitik,” ungkapnya.

Alam menambahkan kunjungan itu membantu mahasiswa untuk memahami apa yang menjadi tugas dan fungsi DPRD Kaltim, terutama untuk menjaring aspirasi masyarakat dan menyelesaikan persoalan warga.

“Kami berterima kasih kepada DPRD Kaltim yang sudah menyambut kami dan memberikan kesempatan untuk belajar langsung,” pungkasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews