Voxnews

Gedung Lama Dispora Kaltim Akan Disulap Jadi Museum dan Sentra Olahraga

Foto: tampak gedung lama Dispora Kaltim yang biasa digunakan saat apel pagi.

Caption: Foto: tampak gedung lama Dispora Kaltim yang biasa digunakan saat apel pagi.

SAMARINDA – Kantor lama Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) yang bertempatan di kawasan Komplek GOR Kadrie Oening, direncanakan akan dialihfungsikan sebagai pusat sentral olahraga, bagi para insan dan museum olahraga Bumi Etam.

Perencanaan tersebut langsung digaungkan, setelah Tower Kadrie Oening yang bertempatan tak jauh dengan kantor lama, diresmikan pada 26 September lalu sebagai kantor baru Dispora Kaltim.

Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) menjelaskan, rencana ini merupakan hajat utama Dispora Kaltim saat ini. Setelah itu, Dispora juga telah mempertimbangkan dan merincikan dengan seksama mengenai pengalihan fungsi gedung lama tersebut.

“Kami hanya akan mengalihfungsikan satu ruang, yaitu ruangan yang sebelumnya digunakan oleh kepala Dispora,” ucap AHK, belum lama ini.

Dalam ruangan yang pernah ditempati Kadispora, nantinya dipajang semua piagam penghargaan yang telah diterima atlet-atlet dan Dispora. Hal tersebut bertujuan untuk mengabadikan prestasi olahraga yang telah diraih selama ini. Sementara unit bangunan lainnya akan dimanfaatkan sebagai sentra olahraga atau asrama bagi para atlet.

Agus menyebutkan tidak banyak perubahan yang akan dilakukan di gedung lama itu, hanya saja beberapa ruangan akan dibuatkan sekat untuk kamar, terutama di lantai satu.

“Gak perlu renovasi besar-besaran karena masih bagus kondisi gedungnya, cuma perlu sekat-sekat untuk kamar atlet saja,” katanya.

Lebih lanjut, usulan tersebut sudah ada sejak lama bahkan sebelum gedung baru selesai dibangun. Persetujuan dari BPKAD pun sudah dikantongi sehingga memudahkan langkah selanjutnya yang akan dilakukan.

“Persetujuan BPKAD sudah ada jadi langkah selanjutnya adalah merumuskan detail pelaksanaan,” ujar AHK

Museum olahraga dan sentra olahraga ini diharapkan AHK menjadi tambahan berharga untuk perkembangan olahraga di Kaltim. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews