Voxnews

DPRD Kaltim Otak-Atik Peluang Pemasukan dari Sektor Alat Berat

Foto: Ketua Pansus Pembahas Raperda Pajak dan Retribusi Daerah, Sapto Setyo Pramono.

Caption: Foto: Ketua Pansus Pembahas Raperda Pajak dan Retribusi Daerah, Sapto Setyo Pramono.

SAMARINDA – Pembahasan Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah masuk dalam tahap finalisasi. Dalam rapeda itu, DPRD Kaltim melirik potensi pemasukan daerah dari sektor alat berat.

“Kita ingin memaksimalkan potensi pajak dan retribusi daerah, terutama dari sektor alat berat, kendaraan bermotor, dan bahan bakar,” kata Ketua Pansus DPRD Kaltim Pembahas Raperda Pajak dan Retribusi Daerah, Sapto Setyo Pramono.

Sapto menyebut ada beberapa pasal yang dibedah dan dimasukkan agar sesuai dengan kebutuhan daerah.

Pansus juga  membentuk tim terpadu untuk melakukan inventarisasi kendaraan alat berat yang  beroperasi di wilayah Kaltim.

Dikemukakannya, kendaraan alat berat merupakan sumber pendapatan daerah yang besar. Namun selama ini belum terkelola dengan baik.

Menurutnya, selama ini banyak alat berat yang tidak terdaftar, tidak membayar pajak bahan bakar alat berat (PBB HB), dan menggunakan nomor polisi dari luar Kaltim.

“Kita akan mencari solusi untuk menertibkan alat-alat berat ini, termasuk melakukan proses balik nama dan registrasi ulang. Kita akan melibatkan pihak kepolisian, perhubungan, dan lain-lain untuk membangun sistem yang efektif,” tegasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews