Voxnews

Dorong Atlet Jadi Sarjana, Dispora Kaltim Jalin Kerjasama Dengan Perguruan Tinggi

Foto: Kadispora Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma.

Caption: Foto: Kadispora Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma.

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim), terus mendorong kepada seluruh atlet yang telah tuntaa bersekolah, untuk kembali melanjutkan jenjang pendidikannya ke perguruan tiggi agar bisa menjadi seorang insan olahraga yang bertitle sarjana.

Menurut Kadispora Kaltim, Agus Hari Kesuma, memang setiap individu terlahir dengan kemampuan yang berbeda antar satu sama lain. Bahkan tak jarang, beberapa diantaranya memiliki bakat istimewa seperti kecerdasan dalam kinestetik jasmani.

Oleh karena itu, dengan bakat istimewa tersebut baginya perlu mendapatkan pendidikan khusus. Tujuannya dalam rangka pengembangan minat dan bakatnya.

Hal itu sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal 5 Ayat 4 yakni, warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.

“Secara khusus, saya meminta kepada perguruan tinggi di Benua Etam agar menyediakan kelas eksekutif bagi pelaku olahraga. Saya minta kelas eksekutif untuk pelaku olahraga. Jurusannya bebas, yang penting ada. Khusus para atlet yang kuliah,” ucapnya AHK belum lama ini.

AHK menyebutkan, atlet-atlet di provinsi lainnya sebagian besar telah memperoleh gelar sarjana. Hal tersebut sangat berbeda dengan para atlet di Benua Etam.

“Atlet diluar rata-rata sarjana, berbeda dengan atlet kita di Kaltim,” katanya.

Untuk itu AHK mengatakan, Universitas Mulawarman (Unmul) menjadi salah satu perguruan tinggi yang ingin dirinya ajak kerja sama, dalam hal ini pembukaan kelas khusus atlet.

“Pokoknya kelas atlet di Unmul, cuman kami sudah buka kerjasama di STMIK, Wicida jurusan IT. Sekarang apakah Unmul ingin membuka kelas seperti itu, masih akan saya usahakan, kan banyak atlet ini tidak kuliah,” ujarnya. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews