Voxnews

Dispora Kaltim Harapkan Prestasi 4 Besar Pra PON Bisa Dipertahankan Pada PON XXI

Foto: Kontingen Cabor Kempo saat sukses meraih 4 Emas, 4 Perak dan 3 Perunggu di Pra PON 2023.

Caption: Foto: Kontingen Cabor Kempo saat sukses meraih 4 Emas, 4 Perak dan 3 Perunggu di Pra PON 2023.

SAMARINDA – Selama 2023 ini, KONI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus mengirimkan cabang olahraga untuk bertanding, guna merebut tiket kelolosan pada ajang babak kualifikasi (BK) PON. Di mana sementara ini Benua Etam sudah menempati peringkat 4 nasional.

Hanya saja menurut Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma, Pra PON merupakan permulaan untuk lolos dan tidak menjadi tolak ukur keberhasilan di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Tahun 2024 di Aceh-Sumut mendatang.

“Kesiapan itu setelah kita melakukan supervisi dari lembaga KONI, Alhamdulillah Pra PON berada di peringkat 4 tentunya ini sangat bagus menghadapi PON akan tetapi Pra PON bukan tolak ukur pada saat PON berada di depan belum tentu,” ucap AHK.

Oleh karenanya, persiapan matang melalui Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) yang rencananya mulai digelar oleh KONI pada awal Maret 2024 mendatang, bisa meningkatkan kualitas kontingen.

“Karena pengaruhnya pada saat PON itu banyak pengaruhnya terhadap manajemen, terhadap pemain, dan pelatih karena waktunya agak lama makanya kita perlu Puslatda,” sebutnya.

AHK menjelaskan, dari hasil PON 2021 lalu di Papua, Kaltim hanya mampu menempati peringkat 7 dengan mengoleksi 25 keping emas. Sehingga besar harapannya raihan di Pra PON ini bisa dipertahankan.

“Puslatda itu kita bisa melakukan analisa bisa atau tidak mempertahankan di 4 besar Pra PON ini,” ujarnya.

Untuk Puslatda nanti, lanjut AHK, biasanya KONI akan membuat jadwal pertemuan dengan Dispora untuk melakukan koordinasi mengenai anggaran yang akan digunakan selama persiapan.

“Saat puslatda tentunya KONI menanyakan Dispora, kami kan melakukan Supervisi kelembagaan nanti kami panggil, itu anggaran sekian, pra PON sekian, alhamdulillah anggaran 100 sekian,” terang AHK. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews